Pengusaha Muda Ini Unjuk Gigi Buktikan Strategi Pemasaran Digital Bikin Lebih Cepat Sukses

Ilustrasi bisnis atau jualan online.
Sumber :
  • Pixabay

Palembang, VIVA – Pengusaha muda asal Palembang, Ririn Nova Sartika, berhasil membuktikan strategi pemasaran digital yang tepat mampu menjadi kunci kesuksesan bisnis di tengah ketatnya persaingan industri fashion lokal. Ririn sukses mengangkat kekayaan budaya lokal sekaligus menaklukkan pasar digital melalui brand fashion lokal Joyura. 

Ia mendirikan Joyura pada Februari 2024 dengan misi mengenalkan batik khas Palembang melalui produk fesyen modern. Ide bisnisnya berawal dari kecintaan Ririn terhadap batik khas Palembang, khususnya baju Jumputan sehingga ia membulatkan tekad untuk terjun ke dunia bisnis ritel fashion.

Keputusan Ririn untuk fokus pada fashion jumputan ternyata mulai membuahkan hasil. Pakaian yang ditawarkan tidak hanya mengutamakan kualitas saja tetapi juga menerapkan strategi pemasaran di era digital dengan memaksimalkan media sosial, seperti Instagram dan TikTok, guna menarik perhatian pasar. 

Strategi digital lain yang dilakukan agar brand-nya semakin dikenal banyak orang adalah  melakukan kolaborasi dengan dengan berbagai influencer. Tak tanggung-tanggung, ia juga memanfaatkan iklan media sosial secara optimal untuk meningkatkan brand awareness.

"Nama Joyura.id semakin dikenal oleh khalayak umum dan berkembang hingga saat ini," ungkap Ririn dikutip dari keterangan tertulis pada Kamis, 22 Mei 2025.

Keberhasilan Joyura juga ditopang oleh strategi harga grosir yang diterapkan untuk penetrasi pasar. Ririn konsisten menjaga kepercayaan konsumen melalui pelayanan prima, kualitas bahan terbaik, serta desain kekinian dan trendi.

“Melayani customer dengan baik, mengutamakan kualitas produk terbaik, dan memaksimalkan media sosial sebagai platform,” ujar Ririn membocorkan filosofi yang ia pegang teguh.

Ririn menilai bahwa memilih berbisnis di ranah online adalah keputusan yang tepat, karena memberikan fleksibilitas dan potensi keuntungan yang lebih besar. Meski baru berusia lebih dari setahun, Joyura.id sudah mencatatkan pertumbuhan positif dan mulai dilirik pasar lebih luas.

“Untuk jangka panjang yang diinginkan dari bisnis ini yakni ingin memiliki usaha yang lebih besar, keuntungan yang lebih banyak dan dapat bekerja sama dengan brand-brand besar,” ucap Ririn optimistis.

Perjalanan Ririn Nova Sartika bersama Joyura.id menjadi bukti nyata bahwa pengusaha muda dapat bersinar dengan memadukan kearifan lokal dan strategi bisnis beroritentasi digital yang tepat. Kisah sukses brand lokal ini bisa menjadi inspirasi bagi pelaku usaha untuk lebih beradaptasi di era digital.