Di Momen Ulang Tahun, BNI Sukses Ajak 250.000 UMKM Go Online
VIVA – Dunia Online kini telah menjadi peradaban baru yang tidak dapat dihindari karena masyarakat semakin dimudahkan dengan adanya era digital tersebut. Untuk itu, menapaki usia 74 tahun, BNI menegaskan komitmennya untuk mendorong UMKM agar mahir berdigital dan Go Online demi menggapai pasar yang semakin luas, konsumen yang semakin banyak, serta meningkatkan derajatnya menjadi pelaku usaha modern.
Komitmen itu terbukti, hingga Juni 2020, BNI telah sukses mengajak 250.231 UMKM untuk Go Online. UMKM terbaru yang diajak Go Online adalah para pengrajin wastra (dalam bahasa sanskerta berarti "kain") yang langka dari 7 Pulau di Indonesia. BNI memboyong ke - 7 kain tersebut dari daerah pelosok ke Jakarta hingga 9 Juli 2020 ini. Masyarakat yang berkeinginan memiliki kain – kain bernilai tinggi ini dapat mengakses website www.bunganusantara.id. Kesempatan memiliki kain – kain ini disiapkan BNI sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke - 74 BNI dan bentuk dukungan perusahaan terhadap Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakan pemerintah.
Corina Leyla Karnalies Direktur Bisnis Konsumer mengungkapkan, wujud Go Online atas produk - produk Wastra Nusantara tersebut diimplementasikan dengan adanya situs www.bunganusantara.id. Dengan adanya situs itu, siapapun dapat membeli kain - kain bernilai tinggi tersebut secara online, dan di sisi lain, para pengrajin dan UMKM akan mendapatkan pasar baru.
Wastra 7 pulau yang ditampilkan dalam pameran ini dan di situs www.bunganusantara.id adalah Tenun Tidore dari Maluku Utara, Songket Lombok dari Nusa Tenggara Barat, Tenun Pontianak dari Kalimantan Barat, Tenun Sengkang dari Wajo Sulawesi Selatan, Tenun Manggarai dari Nusa Tenggara Timur, Batik Tanah Liek dari Sumatera Barat dan Batik Wonogiren dari Jawa Tengah.
Agar produk UKM Wastra Nusantara ini naik kelas, BNI berkolaborasi dengan beberapa desainer ternama Indonesia. Para desainer ini akan membuat karya berbahan kain dari 7 pulau ini agar menjadi fashion modern tanpa meninggalkan nafas budaya aslinya.
“Kolaborasi BNI dengan UKM Wastra 7 Pulau dan 4 Desainer Ternama Indonesia ini merupakan langkah nyata dari kami, untuk menjadikan Wastra Nusantara dihargai melalui kreasi karya fashion desainer sebagai influencer fashion di tanah air, yang pada akhirnya karya tersebut akan menjadi trend fashion & inspirasi bagi dunia fashion untuk bersama memajukan ekonomi bangsa melalui cinta produk nusantara & bangga buatan Indonesia,” ujar Corina.