Korea Menjadi Destinasi Favorit Wisata Medis dan Kebugaran bagi Warga Indonesia, Alasannya...
- ist
Jakarta, VIVA – Korea Selatan mengukuhkan posisinya sebagai pusat tujuan wisata medis terdepan di dunia, khususnya bagi wisatawan dari Indonesia. Popularitas Korea sebagai destinasi wisata medis semakin meningkat, terutama setelah beberapa selebriti Indonesia menjalani perawatan medis di sana, yang lantas menjadi sorotan di media Indonesia. Tren ini pun tercermin dalam lonjakan jumlah wisatawan medis Indonesia yang berkunjung ke Korea pasca-pandemi.
Pada 2019, sekitar 5.716 wisatawan medis Indonesia tercatat mengunjungi Korea, dan jumlah tersebut naik menjadi 6.500 orang pada tahun 2023. Melihat antusiasme ini, Korea Tourism Organization (KTO) memprediksi akan ada sekitar 7 ribu wisatawan medis asal Indonesia pada tahun 2024. Scroll lebih lanjut ya.
“Tidak hanya perawatan medis, berbagai program kebugaran dan kecantikan termutakhir berkembang sangat pesat di Korea. Oleh karena itu, KTO fokus untuk selalu mempromosikan wisata medis dan kebugaran Korea sebagai satu kesatuan di Indonesia. KTO pun optimis bahwa jumlah wisatawan medis dan kebugaran Indonesia ke Korea di tahun 2024 dapat melampaui jumlah tahun lalu,” ujar Lee Hak Ju, Wakil Presiden Eksekutif Divisi Pariwisata Internasional KTO, saat menghadiri acara The New Me: Korea Health & Wellness Festival in Indonesia (KHWF) yang berlangsung di Central Park, Jakarta, Jumat, 1 November 2024.
Acara KHWF menjadi sorotan sebagai upaya tahunan KTO Jakarta untuk memperkenalkan layanan dan institusi medis serta kebugaran Korea kepada masyarakat Indonesia. Acara yang digelar dari 31 Oktober hingga 3 November ini terbagi menjadi dua bagian utama: sesi B2B untuk pelaku industri dan sesi publik yang dibuka untuk masyarakat umum pada 1-3 November di Laguna Atrium dan Promenade Laguna Central Park.
Di sesi publik, pengunjung dapat menjumpai lebih dari 20 eksibitor yang menawarkan berbagai layanan medis dan kecantikan Korea dengan promosi menarik. Selain itu, pengunjung bisa melakukan konsultasi wisata medis, mencoba berbagai program kecantikan, dan menikmati penampilan panggung dari artis Korea dan Indonesia.
Kerjasama strategis pun digalang oleh KTO dengan beberapa partner, di antaranya LINE Bank, Hanwha Life Indonesia, dan StyleKorean Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung terkait wisata dan perawatan diri. Tidak ketinggalan, platform Traveloka juga berkolaborasi dengan KTO untuk menawarkan promo perjalanan wisata dan beauty & wellness di Korea selama periode acara. Pengunjung yang berbelanja di acara ini bahkan berkesempatan mendapatkan suvenir menarik serta hadiah eksklusif melalui sistem redeem dan pembelian.