Melalui Jaringan SWIFT MT101, BRI Perkuat Layanan Global Banking

Gedung BRI dI Jalan Sudirman, Jakarta.
Sumber :
  • Dok. BRI

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI terus mengupgrade dalam lini layanan transaksi perbankan internasional, melalui fasilitas layanan SWIFT MT101. SWIFT MT101 adalah jaringan SWIFT yang dapat dinikmati perusahaan global non-finansial ataupun lembaga non-bank, khususnya yang memiliki jaringan unit usaha di Indonesia.

Blackout di Bali Tak Meluas, Sistem Proteksi Listrik RI Dinilai Lebih Baik dari Eropa

SEVP Treasury & Global Services BRI, Achmad Royadi mengatakan, penyediaan layanan global tersebut memberikan kemudahan kepada para pengusaha global, untuk melakukan transaksi internasional berupa pemindahan dana secara cepat dan real time dimana pun di seluruh dunia.

"BRI membuka layanan global service bagi para pelaku usaha yang berada di dalam dan luar negeri, untuk melakukan pemindahan dana mereka dari rekening bank manapun ke rekening BRI di Indonesia," kata Achmad dalam keterangan tertulisnya, Kamis 11 November 2021.

Rahasia Pengusaha Hebat, Ini 7 Kebiasaan yang Bikin Jaringan Mereka Makin Kuat

Baca juga: Besok, Jokowi Bakal Lihat dan Jajal Langsung Sirkuit Mandalika

Sebagai member The Society of Worldwide Interbank Financial Telecommunication - Global Payment Innovation (SWIFT GPI), BRI dapat memberikan kemudahan akses perusahaan global yang telah menjadi member SWIFT untuk mengelola rekeningnya.

China Luncurkan Jaringan Internet 10G Pertama di Dunia: Bisa Unduh File Kapasitas Besar dalam 1 Detik

SWIFT merupakan sebuah sistem komunikasi yang disepakati serta digunakan oleh jaringan perbankan dan institusi keuangan di seluruh dunia, untuk bertukar informasi. 

Digunakan lebih dari 11.000 institusi keuangan secara global, SWIFT menyediakan jaringan yang aman serta sistem format pesan yang telah terstandarisasi. 

"Kini institusi non-finansial serta lembaga non-bank juga dapat menikmati fasilitas pegiriman pesan yang disediakan oleh SWIFT, melalui MT101," ujarnya.

Achmad menambahkan, layanan ini marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan global yang memiliki perwakilan serta fasilitas perbankan di negara lain. Di Indonesia sendiri, layanan ini cenderung digunakan oleh perusahaan multinasional, PMA, serta Fintech Global.

Achmad menjelaskan, BRI sendiri telah menjadi member dari SWIFT GPI sejak 2018. Sistem ini memberikan kenyamanan untuk nasabah berupa transparansi biaya, payment tracking yang dapat dengan mudah di monitor serta di akses melalui https://brifast.co.id/swift-tracker/, serta konfirmasi atas masuknya dana ke rekening tujuan pengiriman di luar negeri.

Untuk mengaktifkan fasilitas MT101 tersebut, nasabah hanya perlu mendaftarkan RMA (Relationship Manager Application) pada sistem SWIFT miliknya dengan kode BRI yaitu BRINIDJAXXX. 

Gedung BRI II, Bank Rakyat Indonesia

Photo :
  • vivanews/Andry

Dengan disetujuinya koneksi tersebut oleh BRI, maka nasabah perusahaan sudah bisa melakukan instruksi mutasi rekening dari head office yang berada di luar negeri.

Sebagai tambahan, BRI juga menyediakan layanan untuk mengaktifkan SWIFT MT940 pada rekening nasabah perusahaan yang berada di BRI. Melalui MT940, Head Office perusahaan global maupun subsidiary serta afiliasi nasabah perusahaan yang berada di dalam ataupun luar negeri dapat menerima laporan mutasi rekening secara lengkap, cepat, dan akurat.

"Penggunaan fasilitas SWIFT ini tidak hanya memberikan kemudahan untuk instruksi pemindahan dana serta mendapatkan laporan account statement secara berkala, namun juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk dapat mengelola keuangan perusahaan secara efektif dan efisien," ujarnya.

Ilustrasi manajemen Wi-Fi

FiberStar Terapkan Solusi Digital Experience

FiberStar perkuat daya saing di pasar internet Indonesia lewat solusi manajemen perangkat dari Incognito Software Systems.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2025