E-Commerce Jadi Pilihan Brand Lokal dan UMKM untuk Jualan Live Streaming, Siapa Juaranya?

E-commerce.
Sumber :
  • Unsplash

Jakarta – Perusahaan riset pasar IPSOS mengungkapkan, saat ini e-Commerce menjadi pilihan utama brand lokal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berjualan. Tercatat, hingga pertengahan tahun 2024, berbelanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati oleh masyarakat.

Bikin Gemes, Bocah Viral Alfi Siregar Ungkap Ibunya Tidak Pernah Bilang

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan, kemampuannya dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain e-Commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen. Terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para brand lokal dan UMKM.

Adapun survei IPSOS yang berjudul Tren Live Streaming E-commerce bagi penjual di tahun 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga pada tahun 2023. Melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan.

Terpopuler: Ade Rai Ungkap 5 Alasan Berat Badan Sulit Turun, hingga Tips Memilih Properti yang Tepat

Promo XL Live.On di Shopee 7.7

Photo :
  • Dok: Live.On

"Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut," kata Andi dalam keterangannya Senin, 10 Juni 2024. 

Anti Salah Sasaran, Begini Tips Memilih Hampers Ramadhan Ala Syifa Hadju

Andi menilai, pada akhir tahun 2023 lalu, pihaknya melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. 

"Tahun 2024 ini dunia e-Commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru. Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar,” ungkapnya

“Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan  brand lokal dan UMKM di antara e-Commerce lainnya,"jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya