LRT Jabodebek Catat 2 Juta Pengguna di Januari 2025, Naik Hampir 80 Persen

Ilustrasi penumpang LRT Jabodebek
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengawali tahun 2025 dengan pencapaian positif dalam layanan LRT Jabodebek. Sepanjang Januari, jumlah pengguna mencapai 2.146.859 orang.

Tarif Termahal LRT Jabodebek Saat Long Weekend Waisak Cuma Rp10.000 di Semua Rute dan Jadwal

Artinya, angka pengguna ini meningkat 78,8% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 1.200.399 pengguna.

Pada hari kerja, rata-rata pengguna mencapai 86.732 orang per hari, sementara pada akhir pekan dan hari libur nasional, rata-ratanya mencapai 41.580 orang per hari. Angka tertinggi dalam satu hari tercatat pada 21 Januari 2025, dengan jumlah 92.208 pengguna.

Dishub DKI Bantah 25 Ruas Jalan di Jakarta Sudah Berbayar

"Kepercayaan masyarakat terhadap layanan LRT Jabodebek terus meningkat, seiring dengan upaya kami dalam menjaga ketepatan waktu dan meningkatkan kenyamanan perjalanan," kata Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi seperti dikutip dari siaran pers, Selasa, 4 Februari 2025.

KAI Catat Tren Peningkatan Angka Pengguna LRT Jabodebek, Tembus 2 Juta Penumpang di April 2025

Sepanjang Januari 2025, ada tiga stasiun dengan jumlah pengguna tertinggi di antaranya:

  • Dukuh Atas BNI: 342.227 tap-in, 315.053 tap-out
  • Harjamukti: 250.633 tap-in, 250.095 tap-out
  • Kuningan: 187.806 tap-in, 185.370 tap-out

Di bulan yang sama, LRT Jabodebek juga meningkatkan jumlah perjalanan hingga 10.122 kali, naik 29,37% dibanding Januari 2024 yang hanya mengoperasikan 7.824 perjalanan.

Sebagai bagian dari peningkatan layanan, LRT Jabodebek juga terus melakukan berbagai upaya keamanan dan kenyamanan, termasuk pemasangan CCTV di area parkir sepeda di beberapa stasiun.

Selain peningkatan layanan, LRT Jabodebek juga berkontribusi dalam program sosial dengan memperingati Hari Gizi Nasional. Dalam kegiatan ini, mereka membagikan makan siang bergizi kepada 189 peserta edutrain sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan edukasi seputar transportasi publik.

“Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna, kami akan terus berupaya menghadirkan layanan yang lebih baik, tepat waktu, dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Inovasi serta perbaikan di berbagai aspek operasional akan terus dilakukan agar LRT Jabodebek semakin menjadi pilihan utama transportasi perkotaan yang efisien dan terpercaya,” tutup Purnomosidi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya