Kolaborasi BUMN Dorong Akses Air Bersih dan Kesehatan di Ambon
- Freepik
Jakarta, VIVA – Upaya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup terus menjadi fokus sejumlah BUMN di Indonesia. Inisiatif tersebut sejalan dengan tren penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta target Sustainable Development Goals (SDGs) terkait kesehatan dan sanitasi.
Terkait ini, PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengambil langkah konkret di Desa Hutumuri, Dusun Toisapu, Ambon, dengan menyediakan akses air bersih serta edukasi kesehatan bagi warga setempat.
Langkah ini dinilai sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang sejalan dengan tren ESG dan pencapaian SDGs.
Kegiatan dimulai dengan pembangunan sumur bor dan tandon air untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat. Selain itu, BRI Insurance dan PNM menyelenggarakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pemeriksaan kesehatan gratis.
Warga juga menerima paket sanitasi/kebersihan yang dapat digunakan sehari-hari. “Kami berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Dusun Toisapu, tidak hanya sebagai solusi sementara, tetapi juga mendorong kebiasaan hidup bersih dan sehat secara berkelanjutan," ujar Sasono Hartanto, EVP PNM, dikutip dari siaran pers, Rabu, 8 Oktober 2025.
"Semoga bantuan ini dampaknya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat di desa Hutumuri,” harapnya.
Yulianto, Deputy Branch Manager BRI Insurance Cabang Makassar, menjelaskan, program CSR tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melestarikan lingkungan melalui kegiatan yang positif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar untuk kehidupan yang sehat dan berkelanjutan.
"Semoga dengan adanya program ini dapat meningkatkan akses masyarakat khususnya untuk Masyarakat di Desa Hutumuri Ambon terhadap air bersih yang layak dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat disini,” paparnya.
Budi Legowo, Direktur Utama BRI Insurance, melalui konfirmasi daring, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat. “Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat baik dari Pemda setempat hingga berbagai lapisan masyarakat dan stakeholder lainnya yang telah memberikan support kepada kami dalam menjalani komitmen untuk memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya di Desa Hutumuri, Ambon.”