XL Blokir Mataharimall, Ini Respons Menkominfo

Chief Executive Officer PT XL Axiata Tbk (XL), Dian Siswarini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id –  Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menanggapi persaingan 'panas' pada bisnis e-commerce.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Diketahui belum lama ini, ada pengguna XL yang mengeluh lantaran tak bisa mengakses Mataharimall. Dalam layanan e-commerce berjenis marketplace, XL memiliki layananya yaitu Elevenia. Nah, Elevenia dan Mataharimall, saling bersaing karena bergerak pada layanan yang sama.

Terakit dengan persaingan itu, Rudiantara mengaku belum tahu detailnya. Tapi, kata dia, jika persaingan terjadi pada level aplikasi, maka kementeriannya tak bisa ikut campur, sebab hal itu sudah masuk ranah business to business (B2B).  

XL Axiata Lagi Semringah

"Wah saya belum tahu (XL blokir Mataharimall). Kalau di level operator itu di level pipa, sedangkan e-commerce di level aplikasi. Prinsipnya dalam bisnis telekomunikasi itu, kalau perjanjian antara penyelenggara pipa dengan penyelenggara pipa yang menggunakan limited natural resources atau frekuensi itu harus diketahui regulator," kata dia ditemui di Kantor Kementerian Perekonomian, Jumat 4 Maret 2016.

Dia mengatakan sementara perjanjian antara penyelanggara jaringan dan penyelenggara jasa menurutnya tak perlu diketahui oleh regulator.

XL Axiata Akuisisi Link Net

"Kalau enggak, masa nanti kerja menteri cuma menyetujui ratusan, atau mungkin sampai 1.000 lebih (perjanjian)," kata dia.

Terkait perjanjian dalam bisnis layanan telekomunikasi, dia berharap agar berjalan secara sama antarpemain. "Yang pasti saya berharap terjadi level playing field di mana-mana," ujar dia.

Sebelumnya pengguna Twitter dengan akun @jillian_lerry mengeluhkan pemblokiran akses ke Mataharimall.com. Keluhan yang sama juga disampaikan oleh pengguna Twitter dengan akun @rampok.

"MatahariMall.Com  di blok sama XL @XLCare @XL123 saingan bisnis nya gk asik bgt nih,malah nyusahin bnyk orang," tulis @@jillian_lerry.

"@XLCare kenapa saya tdk bisa akses situs http://mataharimall.com  lewat jaringan XL saya ya?" tulis @rampok.

 

 

 

Menara BTS XL Axiata.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

XL Axiata terus berupaya untuk meningkatkan kualitas jaringan data guna mengimbangi peningkatan trafik penggunaan oleh pelanggan dari tahun ke tahun.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2022