Robot Humanoid Bantu Proses Check-in di Bandara

Ilustrasi generasi milenial.
Sumber :
  • REUTERS/Hannah McKay

VIVA.co.id – Salah satu maskapai penerbangan di Selandia Baru memperkenalkan robot humanoid untuk memudahkan penumpang saat check-in.

BPS: Jemaah Umroh Dongkrak Jumlah Penumpang Angkutan Udara Internasional Juli 2025

Maskapai Air New Zeland memperkenalkan Robot CANdroid pertama - yang biasa disebut Chip - bertugas membantu penumpang saat check-in di bandara sejak Senin, 21 Agustus kemarin.

Chief Executive Officer Air New Zealand Avi Golan mengatakan, percobaan ini memungkinkan perusahaannya untuk memberikan layanan terbaik bagi penumpang, serta memberikan pengalaman di masa depan.

Gak Cuma Ketemu di Pesawat, Kursi Tiara Andini Juga 'Dirampas' Khusus Buat Si Menteri

"Kami juga bereksperimen dengan memberikan gagasan bahwa awak kabin kami suatu hari nanti menggunakan HoloLens milik Microsoft di atas pesawat kami," kata Golan, dikutip situs Travel Nine, Rabu, 23 Agustus 2017.

Robot humanoid berwarna hitam dan putih ini dapat berinteraksi dengan penumpang meski tidak memiliki mulut. CANdroid mampu berkomunikasi dengan penumpang melalui layar sentuh yang tersemat di dadanya.

20 Maskapai Kelas Satu Terbaik Dunia 2025, Tak Disangka Ada dari Indonesia!

Robot ini juga bisa memindai boarding pass penumpang tepat di atas mata robot melalui sebuah gelombang, yang memungkinkan mereka naik pesawat bersamaan. Eksperimen yang berlangsung selama seminggu ini akan berakhir Jumat, 25 Agustus mendatang.

Kereta milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) [Humas PT KAI]

KAI Catat 325,5 Ribu Orang Naik Kereta Api Periode Libur Panjang Maulid Nabi

KAI Jakarta mengoperasikan sebanyak 87 perjalanan KA selama periode libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2025