10 Tips Memahami Target Pasar, Mantau Kompetitor dari Google Maps

Google Maps.
Sumber :
  • laSexta

VIVA – Ketika hendak memulai bisnis, terutama kuliner, harus menentukan terlebih dahulu target pasar. Kemudian, bisa diketahui seberapa besar serapan pasar terhadap produk kuliner yang hendak dijual.

Prilly Latuconsina Bagikan Tips Berbelanja Online yang Aman dan Terpercaya

Tentu ini hanya salah satu dari banyak strategi bisnis yang harus dipersiapkan ketika ingin memulai sebuah usaha. Misalnya saja strategi pemasaran, promosi, hingga desain kemasan.

Nah, berikut beberapa tips untuk memahami target pasar dan manfaatnya, seperti dikutip dari keterangan resmi Magu Magu Chicken, Rabu, 10 Agustus 2022:

Biar Istri Gak Pura-pura Orgasme, Ini Tips Dokter Boyke Buat Suami Biar Tahan Lama

1. Menentukan target pasar

Untuk lebih mudah dipahami, pembahasan akan dibagi menjadi dua. Pada bagian pertama akan membahas cara untuk memahami target pasar.

10 Tips Good Parenting: Nasihat untuk Orang Tua dalam Mendidik Anak

2. Pikirkan segmentasinya

Di sini, Anda bisa mengira-ngira kalangan mana saja yang membutuhkan produk yang dijual. Misalnya produk kuliner. Targetnya apakah mahasiswa, pekerja, atau anak-anak.

Akan lebih bagus jika produknya cocok untuk semua kalangan misalnya ayam goreng. Sebab, bisnis ini terbukti sangat menjanjikan dan memiliki segmentasi pasar yang luas.

Disukai semua kalangan dan tidak musiman. Beberapa contoh produk yang berhasil dengan produk olahan ayam hingga memiliki banyak cabang adalah Magu Magu Chicken atau Allin Chicken.

3. Survei minat dan harga

Setelah mengira-ngira targetnya, cobalah berbicara dengan beberapa dari mereka yang nantinya menjadi calon pelanggan. Anda bisa menanyakan jenis kuliner apa yang mereka sukai atau kira-kira berapa range harga per porsi. Atau, bisa juga minta tanggapan kepada teman-teman untuk rencana produk yang Anda jual.

4. Menciptakan persona pembeli

Menciptakan persona pembeli atau proyeksi ideal target pasar yang Anda incar cukup penting. Tentunya gambaran tersebut berdasarkan informasi dari riset yang sebelumnya sudah anda dikumpulkan. Dari sini akan lebih mudah menyesuaikan produk, melakukan promosi dengan target yang lebih terarah.

Semakin luas segmentasi pasar produk Anda maka akan semakin mudah untuk membuat proyeksi idealnya. Magu Magu Chicken salah satu yang cukup berhasil karena memiliki segmentasi pasar yang luas. Promosi yang dilakukan dapat dengan mudah diterima, sehingga produk yang dijual akan lebih mudah laris.

membidik target pasar

Photo :
  • vstory

5. Survei kompetitor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya