Inilah Cara Baru UMKM Kuliner Belajar Branding dan Bisnis Secara Gratis

Kolaborasa 2025
Sumber :
  • ist

VIVA – Dalam rangka memperkuat daya saing pelaku UMKM di bidang kuliner, RichCreme dan Schoko resmi meluncurkan Kolaborasa 2025, sebuah program roadshow edukatif yang menggabungkan berbagai elemen penting dalam pengembangan usaha. Program ini dirancang sebagai wadah kolaboratif yang mencakup demo baking, workshop bisnis, literasi finansial, hingga sesi penguatan komunitas dan strategi branding.

Dongkrak Ekosistem UMKM, ASDP Gandeng Pelindo Pasang Vending Machine di Lokasi Wisata

Kolaborasa 2025 digelar di sejumlah kota besar, seperti Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Tiap kota menjadi titik temu bagi ratusan pelaku UMKM, komunitas baking, dan profesional industri F\&B yang antusias menyambut kegiatan ini. Di kota pembuka, Bandung, atmosfer semangat terasa sejak awal acara, dengan kehadiran para chef ternama dari RichCreme dan Schoko seperti Chef Nindy, Chef Rosita, Chef Sara, dan Chef Verian. Mereka menampilkan demo baking inovatif dengan bahan-bahan unggulan seperti Whip Creme, Non-Dairy Creamer, serta cokelat premium, yang aplikatif dan mudah diterapkan oleh pelaku usaha skala kecil hingga menengah.

Tak hanya demo produk, Kolaborasa juga menjadi ruang diskusi terbuka melalui sesi “Jagongan Soal Dodolan”. Sesi ini menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif dari dunia bisnis kuliner, seperti Chandra Daru (Schoko), Ragil Suryo Pranoto (Weeka Group), dan Elis Wahyuni (Kuliner Teteh). Mereka berbagi kisah nyata dan tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan usaha, sekaligus memberikan motivasi dan strategi praktis bagi peserta.

Cuaca Ekstrem Tekan Kinerja, Buma Internasional Siapkan Strategi Pemulihan 

Untuk memperluas manfaat program, Kolaborasa turut menggandeng Nano Bank Syariah. Bersama, mereka menghadirkan sesi literasi keuangan bertema “Pengenalan dan Tanya Jawab Produk Finansial Syariah”. Inisiatif ini menjadi langkah nyata dalam memberikan pemahaman finansial yang bijak, beretika, dan sesuai prinsip syariah bagi pelaku UMKM, agar lebih siap mengelola usaha secara berkelanjutan.

Di penghujung Juni, Yogyakarta menjadi kota penutup rangkaian awal Kolaborasa 2025. Di sini, program diperkaya dengan sesi khusus bertema “UMKM Naik Kelas”, serta diskusi mendalam seputar strategi branding dan penguatan komunitas lokal. Kehadiran acara ini di Kota Pelajar menegaskan komitmen RichCreme dan Schoko untuk menyentuh langsung ekosistem kreatif dan edukatif di berbagai daerah.

Ribuan UMKM di Indonesia Dijebak Malware Berkedok Zoom dan ChatGPT

“Melalui Kolaborasa, kami ingin menunjukkan bahwa pendampingan terhadap UMKM bisa dilakukan secara nyata, berkelanjutan, dan menyenangkan,” ujar Bryan Prananto, Marketing Manager PT Lautan Natural Krimerindo. Ia menekankan bahwa program ini bukan hanya ajang berbagi ilmu, tetapi juga sarana untuk membentuk jaringan antar pelaku usaha, memperdalam pemahaman produk, serta meningkatkan kesiapan UMKM dalam menghadapi pasar yang semakin kompetitif.

“Kami percaya bahwa akses terhadap ilmu, jejaring, dan pengalaman langsung sangat penting bagi UMKM untuk tumbuh. Di Kolaborasa, semua itu kami hadirkan dalam suasana yang hangat dan kolaboratif,” tambah Bryan.

Program Kolaborasa 2025 terbuka untuk umum dan dapat diikuti secara gratis. Pendaftar hanya perlu mengunduh aplikasi AIRA Mobile dan menggunakan referral code WARGABAIKSCHOKO untuk bergabung.

FORNAS VIII/2025 NTB menjadi ajang yang mampu mendorong industri olahraga

FORNAS 2025, Potensi Perputaran Uang Miliaran Rupiah, Hidupkan Industri Olahraga

FORNAS VIII/2025 NTB menjadi salah satu ajang yang mampu mendorong industri olahraga masyarakat di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2025