Bangkitkan Industri Pariwisata, TikTok Live 77 Destinasi Wisata
- VIVA/B.S. Putra
VIVA Lifestyle – Dalam upaya membangkitkan kembali industri pariwisata sekaligus menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia, TikTok yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan tiket.com, mengajak masyarakat menikmati 77 destinasi wisata melalui TikTok LIVE.
Program bertajuk "Jelajah #SerunyaIndonesia" Â adalah untuk mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia bersama kreator TikTok, Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak), dan akan disiarkan secara langsung di TikTok LIVE selama 77 jam.Â
Promosi pariwisata melalui platform digital yang inovatif merupakan salah satu fokus pemerintah melalui Kemenparekraf dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.Â
Sejalan dengan prioritas Kemenparekraf, lima destinasi super prioritas yang mencakup Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara akan menjadi bagian dari program Jelajah #SerunyaIndonesia ini.Â
View Pemandangan Candi Borobudur dari Tingkat Teratas
- U-Report
Firnandi Gufron, Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran, Kemenparekraf/Baparekraf, mengatakan inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif merupakan solusi berkelanjutan pengembangan parekraf global yang masuk dalam lima line of action (pilar aksi) agenda Presidensi Tourism Working Group G20 Indonesia.
“Kami berharap lewat program kolaborasi bersama TikTok ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan inspirasi baru dalam meningkatkan kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik, demi pariwisata Indonesia yang lebih maju, khususnya di lima destinasi prioritas yang masuk dalam rute perjalanan Jelajah #SerunyaIndonesia ini," kata dia saat peluncuran program  Jelajah #SerunyaIndonesia, berlangsung Kamis, 4 Agustus 2022 secara daring.Â
Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, menambahkan, ragam konten akan dibuat oleh para kreator yang secara aktif berbagi rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah yang terkenal, hingga rekomendasi wisata baru sebagai "hidden gem" lewat video di TikTok, menjadikan konten wisata dan travel berkembang pesat dan menjadi bagian dari lima konten teratas di Indonesia.
Program Jelajah #SerunyaIndonesia mengusung kolaborasi dengan sejumlah kreator untuk menghasilkan konten livestream yang berkualitas.  Jelajah #SerunyaIndonesia ini akan dibagi menjadi empat grup jelajah dan melibatkan empat kreator Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia dan Nanda Setya Pratama Juanda yang kerap berbagi inspirasi destinasi wisata di TikTok. Masing-masing grup akan melaksanakan penjelajahan selama 10 hari.Â