Ganti Oli Sendiri, Pemilik Mobil Ini Malah Keluar Rp 71 Juta

Ilustrasi ganti oli mobil
Sumber :
  • Carthrottle

Ottawa, VIVA – Banyak pemilik mobil sering mempertimbangkan dua pilihan ketika waktunya ganti oli: servis di bengkel resmi dengan biaya standar, atau mencoba sendiri di rumah demi menghemat pengeluaran.

Terpopuler: Kisah Apes Ganti Oli, MPV Mewah Bekas dan Cicilan ADV 160 RoadSync

Sebagai contoh, untuk Mazda CX-90 di Kanada biaya ganti oli di bengkel resmi sekitar C$120 (setara Rp 1.422.000). Angka ini terlihat cukup besar, sehingga sebagian orang tergoda melakukannya sendiri.

Namun, niat menghemat justru berujung petaka bagi seorang pemilik Mazda CX-90. Ia mencoba mengganti oli sendiri agar tidak membayar jasa bengkel. Sayangnya, usaha tersebut malah merusak salah satu komponen penting mobil.

Cara Tetap Aman Berkendara Meski Terjadi Hal Tak Terduga

Saat mobil diangkat dengan dongkrak, sang pemilik tak sengaja meretakkan bak oli. Biasanya, komponen ini termasuk sederhana untuk dilepas dan diganti. Tetapi pada Mazda CX-90, oil pan dirancang berbeda dari kebanyakan mobil.

Mesin dan transmisi Mazda CX-90

Photo :
  • Carscoops
Siap-siap Dapat Kejutan saat Ganti Oli Motor Matik

Dikutip VIVA Otomotif dari Carscoops, Minggu 14 September 2025, desain oil pan pada CX-90 bukan sekadar wadah logam biasa, melainkan bagian struktural yang memperkuat rangka. Bahkan, poros roda depan melewati bagian tersebut. Karena itu, sekali rusak, proses perbaikannya sangat rumit dan mahal.

Seorang teknisi bengkel yang membagikan kisah ini menyebut, bahwa perbaikan bak oil membutuhkan hingga 12 jam. Sebab, transmisi dan mesin harus diturunkan lebih dulu sebelum bak oil bisa dilepas.

Akibat kerusakan tersebut, biaya yang awalnya hanya Rp 1 jutaan untuk ganti oli berubah drastis. Total tagihan mencapai C$6.000 atau sekitar Rp 71.100.000. Angka itu hampir 50 kali lipat lebih mahal dibandingkan servis bengkel resmi yang coba dihindari.

Foto yang dibagikan memperlihatkan mengapa perbaikannya begitu kompleks. Oil pan tidak hanya berfungsi sebagai wadah, tetapi juga memberikan kekakuan tambahan pada struktur kendaraan. Oleh sebab itu, prosedurnya menuntut pembongkaran besar-besaran.

Selain tenaga kerja yang memakan waktu, suku cadang oil pan CX-90 sendiri harganya tidak murah. Ditambah cairan pelumas baru, gasket, serta komponen pendukung lain, total biayanya menembus angka fantastis. Bagi pemilik mobil, ini jelas menjadi pengalaman pahit yang sulit dilupakan.

Pelajaran dari kasus ini cukup jelas: tidak semua komponen mobil modern bisa ditangani sendiri. Hal yang tampak sederhana, seperti ganti oli, bisa berakhir sebagai kerusakan besar jika tidak memahami desain dan struktur kendaraan.

Mazda CX-90

Photo :
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya