New Kijang Innova, Performa Mesin Kijang jadi Keunggulan Utama
- screenshot Youtube
VIVA – Hadir pertama kali di Indonesia pada 2004 lalu, Kijang Innova telah berhasil menemani kebutuhan keluarga Indonesia akan mobil jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) selama 17 tahun sampai saat ini.
Meski begitu, kehadiran Kijang Innova tidak terlepas dari sejarah panjang Kijang sebagai mobil keluarga yang dirintis sejak tahun 1977.
Sejak saat itu hingga sekarang, Kijang tumbuh dan berkembang bersama industri otomotif negeri ini dengan melahirkan 6 generasi, bahkan menjadi salah satu lokomotif dengan total penjualan tertinggi di segmen Medium MPV yang hampir mencapai 2 juta unit per November 2021.
Mesin pacu yang kuat dan bertenaga
Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1
- VIVA.co.id/Hadi Suprapto
Nama Kijang bagi keluarga Indonesia bukan hanya sekedar nama mobil, lebih dari itu Kijang sudah merupakan bagian dari perjalanan sebagian keluarga negeri ini. Dari dulu, Kijang dikenal tangguh dan andal dalam mendukung dan menemani mobilitas keluarga Indonesia dari generasi ke generasi, bahkan sampai dengan saat ini.
Hal ini salah satu keunggulan Kijang pada dapur pacunya. Mesin Kijang dikenal andal dan tangguh sejak generasi pertama. Dapur pacunya memiliki ciri khas utama yaitu irit bahan bakar, bertenaga, dan tahan banting sehingga dapat diandalkan untuk melalui berbagai kondisi jalan tanpa perlu khawatir akan konsumsi bahan bakarnya.
Ditambah lagi Kijang juga mengadopsi gerak roda belakang yang mampu secara efektif menyalurkan tenaga mesin dan dibekali dengan ground clearance yang tinggi agar dapat terus mendukung mobilitas keluarga Indonesia.
Keunggulan mesin pada Kijang inilah yang terus dipertahankan dan dikembangkan oleh Toyota pada produk-produk keluaran Kijang Innova.
Pada Kijang Innova generasi awal misalnya, setiap tipe memiliki opsi mesin bensin 1TR-FE 2.000 cc 4 silinder VVT-i bertenaga 136 PS dan torsi 182 Nm, serta mesin diesel 2KD-FTV 2.500 cc D- 4D common-rail turbo bertenaga 102 PS dan torsi 265 Nm.
Kemudian, maju ke tahun 2005, Toyota menambah varian Kijang Innova yang dilengkapi dengan dapur pacu 2TR-FE 2.700 cc 4-silinder VVT-i yang menghasilkan tenaga hingga 160 PS dan torsi 189 Nm dengan transmisi otomatis 4-speed.
Lebih efisien namun tetap bertenaga
Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1.
Setelah 10 tahun hadir menemani keluarga Indonesia, Kijang Innova Reborn yang meluncur pada tahun 2015 mulai merubah tampilan serta posisinya sebagai kendaraan keluarga yang premium namun tetap mempertahankan DNA-nya yang durable, comfortable, serta peace of mind.