Begini Cara Pembuatan Suzuki Fronx di Indonesia yang Membutuhkan Investasi Baru

Suzuki Fronx
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA – Di tengah gempuran mobil listrik, Suzuki lebih memilih menggelontorkan investasi barunya untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan dengan teknologi mild hybrid yang tertanam di Suzuki Fronx.

Artinya SUV (Sport Utility Vehicle) kompak dengan konfigurasi 5-penumpang itu menjadi produk ketiga, setelah Ertiga dan XL7 dengan sistem semi hybrid yang dibuat pabrik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) di Cikarang, Jawa Barat.

Suzuki Fronx Lahir dari Investasi Rp1 Triliun

Suzuki Fronx resmi meluncur di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati


Direktur Pelaksana PT SIM Shodiq Wicaksono, mengatakan, total investasi pabrik Suzuki di Cikarang dan Tambun Rp22 triliun untuk mengembangkan roda empat dan roda dua, dan baru-baru ini ada investasi baru untuk produksi Suzuki Fronx.

“Komponen saja investasi yang kita keluarkan lebih dari Rp1 triliun, tidak hanya supplier tapi tentunya di pabrik perlu ada investasi, sehingga bisa dipastikan jumlahnya lebih dari Rp1 triliun untuk mengembangkan Fronx,” ujarnya di Jakarta, dikutip, Kamis 29 Mei 2025.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa kapasitas produksi pabrik di Cikarang, 108 ribu unit per tahun yang terbagi untuk Suzuki Ertiga, XL7, dan termasuk Fronx.

Untuk membuat Fronx, produsen berlogo S itu melibatkan lebih dari 200 vendor lokal untuk menyediakan bahan baku dan komponen pendukung lainnya. Sementara mesin, transmisi, komponen bodi, dan interior seperti jok dibuat oleh Suzuki.

Proses yang dilakukan di pabrik Cikarang untuk melahirkan Fronx dimulai dari pressing untuk komponen bodi. Dari lembaran baja atau besi melewati proses welding, atau penyatuan komponen.

Setelah menjadi rangka bodi monokok, masuk ke tahap cat, lalu masuk proses asaembling interior, mesin, sektor kaki-kaki, instalasi fitur-fitur, dan part lain hingga menjadi mobil secara utuh. Hingga akhirnya dilakukan pengecekan menyeluruh, dan uji coba, sampai akhirnya siap dipasarkan.

Suzuki Fronx menjadi mobil paling canggih yang pernah dijual Suzuki di Indonesia. SUV dengan konfigurasi 5-penumpang itu dilengkapi ADAS (Advanced Driver Assistance System), 6 air bags, HUD (head up display), dan wireless charging.

Fronx punya dua pilihan mesin yang kapasitasnya sama-sama 1.462cc, yaitu berkode K15C seperti milik Grand Vitara Hybrid dengan menggabungkan teknologi dualjet, dan semi hybrid.

Mesin empat silinder yang tersedia pada tipe GX dan SGX tersebut dapat memuntahkan tenaga 74 kW di 6.000 rpm dan torsi puncak 135 Nm di 4.400 rpm.

Mesin pembakaran tersebut dikawinkan dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang menggabungkan ISG (Integrated Starter Generator) sebagai pengganti alternator konvensional. 

Sementara untuk Fronx GL yang menjadi varian terendah menggunakan mesin K15B tanpa bantuan mild hybrid, namun tenaganya lebih besar, yaitu 77 kW di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 4.400 rpm.

Amankah Pakai Ban Mobil Beda Merek? Simak Penjelasan Lengkapnya
IMX 2025 Surabaya

Pesta Modifikasi Terbesar Hadir di Surabaya, Siap-siap Ketemu Toshi dan Hyuma

Dunia modifikasi kini menjadi ladang inovasi, kolaborasi lintas industri.

img_title
VIVA.co.id
30 Mei 2025