Sensasi di Balik Kemudi Xpeng G6: Parkir Jadi Urusan Sepele

Xpeng G6
Sumber :
  • Erajaya Active Lifestyle

Tangerang, VIVA – Pasar mobil listrik di Indonesia terus kedatangan pemain baru. Terbaru adalah Xpeng, pabrikan otomotif asal China yang bersiap meramaikan persaingan dengan membawa dua model andalannya,  SUV bergaya coupe G6 dan MPV futuristik X9.

Segini Penghematan yang Didapat jika Pakai Mobil Listrik

Di bawah naungan PT Erajaya Active Lifestyle (ERAL), Xpeng mengadakan sesi "First Drive Impression" untuk kalangan media termasuk VIVA Otomotif sebelum peluncuran resmi dan pengumuman harga yang dijadwalkan pada pertengahan Juni.

Kami berkesempatan mencoba langsung Xpeng G6 di area parkir PIK 2, Tangerang.

Mau Jadikan MG Cyberster Barang Koleksi, Bagaimana Jika Baterainya Drop?

Jajal Xpeng G6

Photo :
  • Arianti Widya

Meskipun area uji coba tidak terlalu luas, lintasan tersebut cukup untuk merasakan berbagai simulasi berkendara, mulai dari akselerasi, zig-zag, polisi tidur, hingga fitur parkir otomatis.

Terpopuler: Mobil Listrik Terinspirasi Prabowo, Harga MPV Hybrid Honda

Adapun yang kami kemudikan adalah G6, sebuah SUV coupe lima penumpang yang tampil mencolok sejak pandangan pertama.

Siluetnya ramping dan aerodinamis, dengan desain terinspirasi dari bentuk air mata (Teardrop).

Elemen desain seperti garis atap landai, strip LED di bagian depan dan belakang, serta pintu tanpa bingkai (frameless) memberikan kesan futuristik sekaligus mewah, mengingatkan pada coupe premium Eropa.

Masuk ke area kabin, atmosfer canggih langsung terasa. G6 mengusung konsep Smart Tech Cabin yang dilengkapi layar sentuh 15,6 inci, panel instrumen digital 10,2 inci, serta panoramic glass roof yang menambah kesan lapang.

Di balik desain modern ini, tersedia pula fitur kenyamanan seperti pengaturan kursi elektrik dengan pemanas dan ventilasi, ambient lighting, wireless charging, hingga sistem audio 18-speaker yang menghasilkan suara menggelegar namun halus.

Saat duduk di balik kemudi, saya langsung menemukan posisi mengemudi yang nyaman berkat setelan setir dan jok yang sepenuhnya elektrik.

Setirnya sendiri cukup unik, tidak bundar sempurna, melainkan rata di bagian atas dan bawah, memberi kesan sporty, meskipun kami harus sedikit beradaptasi saat memutar setir di belokan tajam.

Transmisi berada di sisi kanan belakang setir, cukup ditekan ke bawah untuk masuk ke posisi drive. Begitu pedal gas disentuh, tenaga instan khas mobil listrik langsung terasa.

Sayangnya, dengan keterbatasan area test drive, kami belum bisa mengeksplorasi mode berkendara lain yang mungkin tersedia.

Namun impresi awal sangat menjanjikan dengan tenaganya spontan dan bantingan suspensinya terasa lembut saat gundukkan.

Fitur auto parking Xpeng G6

Photo :
  • Arianti Widya

Sebagai pengemudi perempuan, mobil listrik ini menghadirkan fitur yang cukup didambakan, yakni auto parking.

Dimana, pengemudi Xpeng G6 tidak perlu merasa repot lagi soal masalah parkir lantaran mobil listrik ini bisa parkir secara otomatis dengan pengaturan di layar.

Caranya cukup mudah, yakni dengan memasukkan transmisi ke posisi R, memilih slot parkir yang muncul di layar, lalu menekan tombol "Start Parking", mobil akan bergerak dan memutar kemudi secara otomatis.

Tanpa menyentuh pedal atau setir, G6 parkir dengan presisi di antara marka, lalu otomatis masuk ke mode Park.

Menyoal performa, di atas kertas, G6 dibekali platform 800V XPower yang menghasilkan tenaga hingga 210 kW dan torsi maksimum 440 Nm.

Xpeng juga menyematkan fitur seperti one pedal driving, memory seats, serta XPILOT Assist yang menghadirkan bantuan mengemudi semi-otonom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya