Baterai Mobil Hybrid Rusak, Ini Dampaknya pada Mesin

VIVA Otomotif: Logo hybrid
Sumber :
  • Netcarshow

Jakarta, VIVA – Seiring berkembangnya teknologi otomotif, mobil hybrid menjadi pilihan banyak pengemudi yang menginginkan efisiensi bahan bakar tanpa sepenuhnya bergantung pada kendaraan listrik murni.

Terpopuler: Mobil Listrik Bikin Pusing, Asal Usul Land Cruiser

Kunci utama dari sistem hybrid adalah keberadaan baterai tegangan tinggi (high-voltage battery) yang berfungsi menyuplai tenaga ke motor listrik. Namun, seperti komponen lainnya, baterai ini memiliki masa pakai dan bisa mengalami kerusakan seiring waktu.

Dikutip VIVA Otomotif dari Slashgear, Senin 16 Juni 2025, pada umumnya baterai mobil hybrid dirancang untuk bertahan antara 10 hingga 15 tahun, tergantung pada pola penggunaan dan perawatan.

Baterai Bekas Mobil Listrik Ternyata Masih Bisa Cuan, Ini Buktinya

Meski demikian, semua baterai secara alami akan mengalami penurunan kapasitas. Ketika baterai mulai melemah atau rusak, performa mobil hybrid dapat terganggu secara signifikan.

Berbeda dengan aki mobil konvensional yang bisa diatasi dengan jump start sederhana, baterai tegangan tinggi pada mobil hybrid membutuhkan penanganan khusus.

Toyota Penguasa Mobil Hybrid di Indonesia, Kijang Innova Zenix Paling Diburu

Jika baterai utama ini rusak total, kendaraan kemungkinan besar tidak bisa berjalan sama sekali atau hanya dapat berjalan dalam mode darurat (limp mode), di mana semua beban dialihkan sepenuhnya ke mesin bensin.

Dalam kondisi limp mode, pengemudi kehilangan berbagai keunggulan mobil hybrid, seperti akselerasi instan dari motor listrik, pengereman regeneratif, dan efisiensi bahan bakar optimal.

Tidak semua mobil hybrid bereaksi dengan cara yang sama saat baterainya rusak. Beberapa model bahkan memerlukan baterai hybrid untuk mengoperasikan sistem-sistem penting lainnya, seperti pendingin udara atau sistem kelistrikan kabin.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik untuk memahami karakteristik kendaraan masing-masing, sebagaimana tercantum dalam buku manual pengguna.

Mengganti baterai hybrid bukanlah hal yang murah. Biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung merek dan model kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya