Menilik 6 Perubahan yang Disematkan pada Mesin Yamaha NMax Turbo

Yamaha Nmax Turbo
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Indra Nugraha

Bogor, 21 Juni 2024 –  Yamaha Nmax Turbo hadir dengan banyak pembaruan, salah satu yang menjadi sorotan adalah sektor mesinnya. Terlebih, Yamaha mengklaim bahwa pengendara akan merasakan sensasi Turbo saat menggunakan Nmax baru ini.

Deretan Mobil Murah dengan Lampu Pop-Up yang Bikin Nostalgia Era 80-90an!

Pada bagian dapurnya, Nmax Turbo mendapat ubahan besar yang kini memakai mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mengadopsi teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT). Teknologi itu lah yang hadirkan sensasi Turbo.

Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin itu sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm serta torsi maksimum yang naik menjadi 14,2 Nm / 6.500 rpm. Torsi mengalami kenaikan dari Nmax generasi sebelumnya, di mana hanya 13.9 Nm / 6.500 Rpm.

Modifikasi Maxi Yamaha Ini Jadi Tren di Makassar

Performa Yamaha Nmax Turbo dengan versi sebelumnya

Photo :
  • VIVA/Muhammad Indra Nugraha

Nmax Turbo juga menyajikan beberapa fitur anyar, yakni Riding Mode dan juga Y-shift. Yamaha pun akhirnya melakukan penjelasan lebih detail perihal mesin yang disisipkan pada Nmax Turbo dan cara kerjanya.

Update Harga Motor Trail Yamaha Oktober 2025, Cocok Buat Off-Road dan Enduro

Dengan berbagai fitur unggulan baru yang ditawarkan, maka tidak heran jika banyak orang yang panasaran apa saja perubahan yang ada pada jeroan mesin  NMAX “TURBO”. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Yamaha pun menggelar kegiatan Media Workshop yang berlangsung pada Jumat (21/6) di Dealer Yamaha Mekar Motor, Cibinong, Jawa Barat.

"Penggunaan teknologi YECVT di bagian mesin, telah menjadi perbincangan yang menimbulkan rasa penasaran bagi konsumen. Untuk menjawab hal itu dan sebagai bentuk edukasi Yamaha terhadap kehadiran teknologi canggih yang baru pertama kali hadir di segmen skutik premium tanah air," ujar Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, di Bogor, Jumat 21 Juni 2024.

Berikut adalah berbagai sentuhan pembaruan yang ada pada NMAX “TURBO” terutama dibagian sektor jantung pacu :

1. Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)
Perbedaan yang paling menonjol pada mesin NMAX “TURBO” adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional, dimana cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi 2 tahun dan memiliki fungsi sebagai berikut :

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya