Hadirkan 3 Juri Berpengalaman, Kompetisi Masak #MasterRasa Berhadiah Ratusan Juta Rupiah
- istimewa
Jakarta, VIVA – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-3, Sambal Bakar Indonesia memilih cara yang unik, yaitu menggelar kompetisi memasak bertajuk Master Rasa yang melibatkan langsung para pelanggannya dalam proses penciptaan menu baru.
Alih-alih sekadar memberikan promo atau potongan harga, Sambal Bakar Indonesia mengajak masyarakat dari berbagai daerah untuk menunjukkan keahlian memasak, pengetahuan soal rasa, serta menciptakan satu menu andalan dengan cita rasa khas nusantara.
“Kami terinspirasi dari semangat dapur rumahan yang sederhana tapi kaya rasa, serta keinginan untuk merangkul kreativitas masyarakat Indonesia,” ujar Benjamin Master Adhisurya, Director of Corporate Communication & Relations Sambal Bakar Indonesia.
Sebanyak 40 peserta terpilih telah bergabung dalam kompetisi ini. Mereka tidak hanya memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp100 juta, tetapi juga berkesempatan agar menu kreasinya dijual di seluruh outlet Sambal Bakar Indonesia. Tak hanya itu, pemenang juga akan menerima royalti dari setiap penjualan, menjadikan mereka bagian dari perjalanan brand ke depan.
“Melalui Master Rasa, kami ingin mengapresiasi kecintaan masyarakat terhadap masakan Indonesia dan membuka ruang kolaborasi kreatif untuk memperkaya menu Sambal Bakar Indonesia,” jelas Iben.
Para peserta dibagi dalam empat kelompok, dengan masing-masing kelompok berjumlah 10 orang memperebutkan dua tiket menuju babak delapan besar. Pada episode perdana bertajuk Dapur Penentuan Pertama, dua peserta dari kelompok pertama berhasil melaju ke tahap berikutnya, yakni Winda Darsono dan Rizkisyah Putra Singarimbun. Kelompok kedua dijadwalkan bersaing dalam waktu dekat.
Kompetisi ini dinilai oleh tiga juri berpengalaman di bidang kuliner, yakni Benjamin Master Adhisurya (Iben MA), owner Sambal Bakar Indonesia; Chef Norman Ismail yang sudah berkecimpung di dunia kuliner selama 20 tahun dan Chef Don Chino salah seorang chef owner dari salah satu restoran seafood di Indonesia
Kriteria penilaian mencakup ide masakan, rasa, presentasi, serta makna di balik setiap menu. “Kami mencari bukan hanya rasa yang lezat, tetapi juga makna yang kuat,” ujar Iben.
Menu yang dicari oleh Sambal Bakar Indonesia adalah menu yang unik, otentik, bercita rasa enak, dan merupakan masakan asli Indonesia. “Pemenang utama akan mendapatkan uang tunai Rp100 juta, dan menunya akan dijual di seluruh cabang Sambal Bakar Indonesia dengan sistem royalti,” tambahnya.
Dengan mengusung tagline “Dari dapur sederhana untuk nusantara”, Sambal Bakar Indonesia menegaskan komitmennya dalam membawa cita rasa otentik dari dapur rumahan ke panggung kuliner nasional.
Melihat antusiasme yang besar, Iben menyebut bahwa Master Rasa direncanakan menjadi program tahunan sebagai sarana eksplorasi kuliner dan bentuk apresiasi kepada pelanggan. “Kami berharap bisa terus menggali potensi dari dapur-dapur sederhana di seluruh Indonesia,” katanya.
Ke depan, Sambal Bakar Indonesia menargetkan ekspansi ke lebih banyak kota, menghadirkan inovasi menu yang relevan, dan terus melibatkan komunitas dalam pengembangan produknya. Sebab, bagi Sambal Bakar, pelanggan bukan hanya penikmat, tapi juga pencipta.
“Kami ingin menjadi pelopor kuliner nusantara modern. Target kami adalah memperluas jaringan outlet ke lebih banyak kota dan terus berinovasi lewat menu serta kolaborasi kreatif. Komunitas pelanggan adalah sumber inspirasi utama kami,” tutup Iben.
Seluruh perjalanan Master Rasa dapat disaksikan secara eksklusif di kanal YouTube Iben MA, sementara informasi lengkap dan pembaruan tersedia di akun Instagram resmi @masterrasa_.