Tindak Lanjuti Arahan Presiden, Mendagri Minta Daerah Ciptakan Branding

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian
Sumber :
  • Puspen Kemendagri

VIVA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) menciptakan branding daerahnya sesuai  produk unggulannya masing-masing. Hal ini sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo ihwal peningkatan belanja produk dalam negeri saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tahun 2023 pada 17 Januari lalu di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Anggota Komisi XII Ungkap Tantangan Utama Akselerasi Hilirisasi Minerba

“Beliau (Presiden) meminta semua daerah untuk memikirkan agar membuat program atau master plan. Istilahnya yang paling gampang membuat image atau branding daerah itu sesuai dengan keunggulan masing-masing daerah,” kata Mendagri dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang berlangsung secara hybrid di Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Mendagri mendorong pemerintah daerah tidak sekadar membuat slogan sebagai kota bersih, indah, atau berseri, tetapi juga memiliki produk spesifik. Ia pun mencontohkan beberapa negara yang memiliki branding tertentu. Misalnya Kota Davao di Filipina yang terkenal dengan produk unggulan pisang. Di sana, kata Mendagri, ekosistem agrobisnis yang saling mendukung mulai dari penanaman, pembibitan, produksi, hingga distribusi, benar-benar dikembangkan dengan baik.

Mendagri: Anggaran Pemda Harus Berdampak bagi Masyarakat

“Sampai dengan turunan produksinya, empingnya (keripik), salainya, dan dijual marketingnya, semua dibuat. Masyarakat dilibatkan dan kemudian bahkan branding kota itu mengenai pisang, dan kemudian ada juga seni budaya tentang pisang. Misalnya itu,” terangnya.

Berikutnya, ia mencontohkan Kota Minneapolis, Amerika Serikat, yang dikenal sebagai tujuan para pegolf seluruh dunia untuk menyalurkan hobinya. Di kota ini, semua penduduk dilibatkan dalam bisnis penyelenggaraan golf.

Nggak Hanya Mobil, Ini 5 Produk Unik Toyota yang Jarang Diketahui

“Contoh lain Beliau (Presiden) menyampaikan di daerah di Amerika itu sangat terkenal dengan mebelnya sehingga (High Point, North Carolina-red) disebut dengan Kota Mebel. Seluruh dunia menyelenggarakan setahun sekali ada festival mebel di sana,” ujarnya.

Mendagri berharap, daerah-daerah di Indonesia bisa menciptakan branding produk-produk unggulan seperti itu. Dari dalam negeri sendiri, Mendagri mencontohkan Kota Jepara yang terkenal dengan produk mebelnya. Lalu ada pula daerah lain yang terkenal dengan produksi ikan.

“Kemendagri telah diperintahkan juga untuk mencari, mungkin beberapa kota menjadi model, kabupaten menjadi model, sesuai dengan produk unggulannya itu. Jadi tidak lagi branding-nya sekedar bersih, indah, aman, dan lain-lain, tapi branding sesuai dengan produk unggulan,” tandas Mendagri.

Ketua WASI Tito Karnavian Pimpin Upacara bawah laut

Memperingati HUT Ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia, Ketua WASI Tri Tito Karnavian Pimpin Upacara Bawah Laut

Pemerintah Daerah Maluku Utara bekerja sama dengan WASI dan komunitas selam Maluku Utara mengadakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut.

img_title
VIVA.co.id
17 Agustus 2025