PNM Terus Genjot Literasi dan Inklusi Keuangan Digital Nasabah Mekaar

Pelatihan literasi keuangan digital dan pencairan non-tunai, 1.700 nasabah PNM
Sumber :
  • PNM

VIVA – Dalam rangka mendukung inovasi guna kemudahan dan kelancaran akses transaksi keuangan bagi pelaku usaha ultra mikro, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus bertekad mendekatkan keuangan digital kepada nasabahnya. Hal ini selaras dengan komitmen dari Holding Ultra Mikro terkait transformasi transaksi konvensional menuju digital. 

BTN Catat Pengajuan KPR Lewat Bale Properti Naik Hampir 150 Persen hingga Juni 2025

Melalui pelatihan literasi keuangan digital dan pencairan secara non-tunai, 1.700 nasabah PNM Mekaar secara serentak mendapat edukasi di 12 titik Kampung Madani yang tersebar di seluruh Indonesia pada Rabu, 5 Juli 2023. Di antaranya Kampung Madani Desa Negeri Katon – Lampung, Kampung Madani Desa Cinta Rakyat – Kabanjahe, Kampung Madani Desa Waru – Balikpapan, Kampung Madani Desa Koronua – Kendari, Kampung Madani Desa Tambalang – Blitar, Kampung Madani Desa Kopeng – Semarang, Kampung Madani Desa Guntur – Wonogiri, Kampung Madani Terusan – Pontianak, Kampung Madani Cibodas – Cimahi, Kampung Madani Desa Tumpuk – Pacitan, Kampung Madani Desa Papayan – Tasikmalaya, dan Kampung Madani Desa Kwala Besar – Medan. 

PNM Apresiasi Usaha Ultra Mikro, Perkuat Layanan, dan Kobarkan Semangat Entrepreneurship

Selain memudahkan operasional usaha nasabah, keuangan digital juga bisa membantu transaksi usaha lebih aman. Kegiatan ini diawali dengan edukasi dan dilanjutkan dengan penerapan pencairan non-tunai. 

Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi optimis nasabah Mekaar binaan PNM mampu untuk melakukan transaksi keuangan secara digital, yang sebelumnya masih sangat konvensional.

BNI Perkuat Dukungan ke UMKM Lewat Kredit Produktif dan Inovasi Digital

“Ekosistem cashless terus kami genjot untuk mendorong nasabah naik kelas. Tentu harus dimulai dengan pemahaman para nasabah tentang apa itu keuangan digital dan dilanjutkan dengan inklusinya,” ungkap Arief.

Arief mendorong nasabah PNM Mekaar yang sudah mengikuti pelatihan untuk mengajak dan tidak sungkan mengajarkan kepada yang lainnya.

“Ibu-ibu itu kan suka ngobrol, jadi setelah pelatihan jangan sungkan untuk ajarkan nasabah lain supaya bisa maju sama-sama,” tambahnya.

Arief juga meyakini economic dan social value akan terbentuk dengan adanya perluasan fungsi bagi ketua kelompok. Selain pelatihan, pada kesempatan yang sama, ketua kelompok nasabah PNM Mekaar juga dijadikan sebagai agen BRILink Mekaar. Anggota kelompok nantinya dapat melakukan transaksi seperti pembelian pulsa, pencairan dan transaksi keuangan lainnya melalui ketua kelompok masing-masing.

Direksi BRI sapa langsung nasabah peringati Hari Pelanggan Nasional

Peringati Hari Pelanggan Nasional, Direksi BRI Sapa Langsung Nasabah di Beberapa Daerah

Selaras dengan tema HPN 2025 yaitu ThinkCustomer, BRI memastikan setiap inisiatif diarahkan untuk menghadirkan layanan yang relevan dan memberi nilai tambah bagi nasabah.

img_title
VIVA.co.id
5 September 2025