10 Fakta Mengejutkan di Balik Festival Ajang Belanja Dunia
- Dokumentasi Alibaba
VIVA – Ajang festival belanja terbesar dunia, 11.11 Global Shopping Festival kembali digelar. Ada banyak fakta yang terungkap di balik digelarnya festival ini.
Salah satu yang menarik perhatian, festival ini pun menjual sejumlah lima merek produk Indonesia. Apa sajakah itu?
Seperti diinformasikan lewat rilis yang diterima VIVA.co.id, Alibaba Group sebagai penyelenggara festival belanja terbesar di dunia 2018, 11.11 Global Shopping Festival, menyampaikan berbagai fakta menarik di tahun kesepuluh pelaksanaannya. Dari kehadiran produk Indonesia untuk pertama kalinya hingga mengambil foto dari luar angkasa.
Ingin tahu lebih jauh fakta apa sajakah itu? Berikut dirangkum dalam “10 for 10” buletin di bawah ini.
Produk Indonesia dipamerkan
Untuk pertama kalinya, 11.11 Global Shopping Festival akan menghadirkan lima merek tanah air yang mendapat dukungan langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Lima merek tersebut adalah Indomie, Kapal Api, Richeese, Yan Ty Ty (produk sarang burung walet), dan Papatonk (kerupuk udang).
17.000 lipstik terjual dalam hitungan menit
Lebih dari 500.000 produk pilihan telah tersedia pada periode pre-sale 11.11 Global Shopping Festival yang diselenggarakan oleh Tmall. Dalam periode pre-sale ini ada banyak produk yang terjual, di antaranya:
1. 3.000 produk edisi terbatas Starbucks yang didesain khusus untuk 11.11 Global Shopping Festival habis terjual dalam kurun waktu empat menit
2. MAC berhasil menjual lebih dari 17.000 lipstik hanya dalam waktu enam menit. Sedangkan Lancôme menjual 50.000 botol produk perawatan kulit dalam waktu lima menit.
Merangkul generasi digital
Sebagai negara dengan populasi internet terbesar di dunia, Tiongkok memiliki 802 juta pengguna internet di mana 98 persen penggunanya mengakses via ponsel. Oleh karena itu, Alibaba mengajak lebih dari 200 selebriti internet untuk memproduksi 10.000 video pendek guna merangkul pengguna millennial. Mereka akan melakukan siaran langsung tanpa henti di media sosial selama 20 hari menjelang 11.11 Global Shopping Festival, serta membagikan angpau yang dapat digunakan untuk berbelanja saat festival belanja berlangsung.
Meningkatkan akses ke daerah pelosok
Alibaba meningkatkan layanan promosi ke daerah-daerah pelosok dengan merangkul toko-toko lokal yang tersebar di seluruh Tiongkok, sebagai upaya menggerakkan ekonomi di daerah. Alibaba menyediakan berbagai promosi, seperti angpau dan kode belanja yang dapat digunakan di lebih dari 200.000 toko kelontong pintar binaan Alibaba yang tersebar di 800 kabupaten di 29 provinsi Tiongkok.