Dapatkan Pekerjaan dari Media Sosial? Begini Caranya
- REUTERS/Thomas White
VIVA – Selain sebagai media untuk berbagi, ternyata media sosial juga memiliki fungsi dan tujuan lain. Salah satunya dapat dijadikan sebagai wadah untuk mencari pekerjaan.
Di era yang super canggih seperti sekarang, bisa dikatakan hampir semua masyarakat memiliki media sosial. Banyak pula yang rela menghabiskan waktunya untuk bermedia sosial ria. Dua jam, tiga jam, bahkan waktu seharian tidak terasa jika sudah kecanduan media sosial.
Daripada waktu terbuang hanya untuk konten-konten yang tidak bermanfaat, lebih baik sulap media sosial untuk meningkatkan peluang mencari kerja. Bagaimana caranya, berikut seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 12 Desember 2017:
1. Aktif di media sosial
Aktif yang dimaksudkan di sini tidak hanya aktif membagikan foto atau status. Melainkan juga aktif untuk mendekati industri yang diincar. Caranya dengan rajin memberikan komentar pada beberapa kiriman dari industri tersebut.
Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan hashtag yang berkaitan dengan industri. Hal ini sangat berguna sebagai daya tarik industri untuk mengunjungi dan melihat-lihat profil Anda.
Jika belum juga mendapat respons, Anda bisa mendekati industri tersebut dengan bertanya melalui pesan singkat. Akan tetapi, bertanyalah dengan sopan dan cerdas. Artinya, pertanyaan yang diajukan harus relevan dengan industri yang bersangkutan tanpa maksud negatif.
2. Ubah profil menjadi lebih menarik
Menjadikan profil menarik juga hal penting untuk mendapatkan pekerjaan. Tampilan profil yang menarik akan menumbuhkan minat sebuah perusahaan untuk menjajaki diri Anda yang sebenarnya.
Media sosial yang populer seperti LinkedIn dan Instagram sudah patut dipermak sedikit demi sedikit. Polesan yang dilakukan juga harus sesuai dengan kenyataan, bukan palsu.
Selain mengirimkan CV berbentuk fisik, ternyata akun media sosial juga dapat dijadikan sebagai perpanjangan CV. Anda bisa mencantumkan minat, bakat, dan talenta yang dimiliki di halaman profil. Perusahaan juga lebih mudah untuk mencari pekerja sesuai dengan kriteria dan keahlian yang diperlukan.
3. Ikuti akun media sosial dari industri yang bersangkutan
Untuk mendapatkan informasi up to date mengenai pekerjaan, tentu perlu mengikuti fanpage, website, atau media sosial dari perusahaan yang bersangkutan.