Baru Awal Puasa, Tiket KAI Mudik Lebaran Sudah Terjual 1,4 Juta Lebih

Stasiun Kereta Api [dok. Humas PT KAI]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT KAI mengatakan bahwa tiket mudik lebaran di awal puasa tahun 2025 sudah terjual kurang lebih 1.437.124 tiket atau 41,73 persen dari total kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan.

Angka Pengguna LRT Jabodebek Naik 25 Persen pada September 2025, Tembus 2,4 Juta

Hal ini menandakan bahwa antusias masyarakat masih tinggi untuk menggunakan jasa Kereta Api pada mudik lebaran tahun 2025. Selama masa mudik Lebaran dari 21 Maret-11 April 2025 (22 hari) KAI menyediakan 3.443.832 tiket KA JJ dari dan berbagai tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Dari total 3.443.832 tiket KA JJ yang KAI sediakan, hingga 1 Maret Pukul 07.00 WIB sudah terjual 1.437.124 tiket atau 41,73 persen dari total kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan. Hingga saat ini penjualan KA JJ tertinggi terjadi pada H-3 atau pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan 99.685 tiket,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Sabtu 1 Maret 2025.

Cara Mendapatkan Pin Khusus Ibu Hamil di LRT Jabodebek

Anne menjelaskan, penjualan akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Pasalnya, hingga hari ini sekira pukul 07.00 WIB terdapat 10 relasi terpadat pelanggan memilih kota-kota tujuan selama masa mudik Lebaran 2025. Relasi tersebut antara lain:

  1. Gambir – Yogyakarta: 17.083 Penumpang
  2. Yogyakarta – Gambir: 15.001 Penumpang
  3. Gambir – Semarang Tawang: 14.388 Penumpang
  4. Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi: 13.912 Penumpang
  5. Pasarsenen – Lempuyangan: 13.543 Penumpang
  6. Pasarsenen – Kutoarjo: 13.010 Penumpang
  7. Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen: 12.643 Penumpang
  8. Gambir – Purwokerto: 11.296 Penumpang
  9. Lempuyangan – Pasarsenen: 11.268 Penumpang
  10. Gambir – Cirebon: 10.503 Penumpang
Dorong UMKM Naik Kelas, KAI Bantu Ratusan Pelaku Usaha Peroleh Sertifikat Halal hingga HKI

Untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para pelanggan, KAI telah menyiapkan berbagai peningkatan layanan selama masa angkutan Lebaran 2025. Berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas akan dilakukan termasuk penambahan personel, penyediaan fasilitas baru, serta optimalisasi layanan digital guna menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih baik.

Layanan direct train atau perjalanan kereta api langsung tanpa transit [dok. Humas PT KAI]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

“Salah satu langkah peningkatan layanan adalah penempatan Customer Service Mobile (CSM) di mana sebanyak 170 petugas frontliner akan ditugaskan di 39 stasiun yang berada di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Petugas ini siap memberikan informasi dan membantu pelanggan dalam berbagai keperluan selama perjalanan mereka,” kata Anne. 

KAI juga terus memperluas penyediaan water station sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan. Empat stasiun baru yakni Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo kini juga dilengkapi dengan fasilitas ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya