Layanan Satu Pintu Taspen Tangani 91,77 % Pengajuan Peserta pada 2023

Layanan Toos Taspen.
Sumber :
  • Dokumentasi Taspen.

Jakarta – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen mencatat bahwa layanan satu pintu, yakni One Hour Online Services (TOOS) menjadi primadona bagi peserta saat ini. Pada laman tersebut, peserta dapat melakukan pengajuan klaim maupun non-klaim dari mana saja dengan waktu maksimal satu jam.

Terpopuler: Kronologi Driver Ojol Diduga Perkosa Turis, Fakta Digital Satu Keluarga Tewas Akibat Pinjol

Keberhasilan implementasi TOOS tercermin dari jumlah layanan kepengurusan klaim dan non-klaim melalui aplikasi TOOS pada tahun 2023 yang mencapai 91,77 persen dari total pengajuan klaim dan non-klaim yang dilakukan peserta Taspen di seluruh Indonesia.

Corporate Secretary Taspen Yoka Krisma Wijaya mengatakan, pada periode Januari hingga Mei 2024, Taspen telah memberikan kemudahan pembayaran Pensiun Pertama dan Tabungan Hari Tua kepada 70.530 peserta dengan total nilai manfaat sebesar Rp 5,71 triliun.

Kelas BPJS Dihapus! Cek Iuran Terbaru Desember 2024 yang Harus Anda Bayar

Taspen.

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.

“Taspen terbukti berhasil memberikan pelayanan Program Asuransi Sosial yang optimal sebagai hasil dari upaya terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memberikan yang terbaik. TOOS menjadi solusi bagi peserta untuk mengajukan klaim maupun non-klaim dengan cepat dari mana saja,” ujar Yoka dikutip dari keterangannya, Jumat, 7 Juni 2024.

Peringkat Keempat Pendaftar Terbanyak, USU Gelar SMM PTN Barat 2024 Diikuti 1.956 Peserta

Dia menegaskan, upaya ini diteguhkan melalui komitmen Layanan 5T Taspen yang terdiri dari tepat administrasi yaitu, proses pembayaran manfaat sesuai dengan prinsip-prinsip kearsipan dan dokumentasi. Kemudian, tepat orang, yaitu pembayaran manfaat kepada peserta yang berhak atau ahli waris yang sah.

Lalu, tepat waktu, yaitu manfaat dibayarkan kepada peserta tepat waktu. Kemudian tepat jumlah, yaitu manfaat dibayarkan kepada yang berhak sesuai dengan jumlah tanpa potongan dalam bentuk apa pun, dan tepat tempat, yaitu manfaat dibayarkan sesuai dengan tempat yang diinginkan oleh peserta Taspen.

TOOS merupakan layanan satu pintu Taspen yang dapat diakses melalui beragam perangkat dan dilakukan tanpa tatap muka. Selain mengajukan klaim, melalui TOOS peserta dapat melakukan pengurusan kartu digital kepesertaan, melacak pengajuan online, memantau status otentikasi, mengambil antrean online Mal Pelayanan Publik, melakukan penghitungan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun.

Taspen.

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.

“Menyampaikan keluhan atau pertanyaan, dan mendapat informasi dana pensiun bulanan untuk pensiunan. Selain itu, peserta dapat mendapatkan informasi pensiun pokok, mendapat informasi mengenai E-SPT Pajak untuk pensiunan dan melakukan survey kebutuhan peserta untuk peningkatan layanan Taspen Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya