Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 3 Triliun di Kuartal III-2024, Anjlok 28%

Direktur Utama Unilever Indonesia, Benjie Yap, dalam telekonferensi pers, Rabu, 23 Oktober 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) melaporkan penjualan bersih sebesar Rp 27,4 triliun, dan laba bersih sebesar Rp 3 triliun di kuartal III-2024. Perolehan laba bersih itu turun 28,15 persen, dibandingkan dengan periode sama tahun lalu dengan laba mencapai Rp 4,18 triliun. 

IHSG Sesi I Anjlok Hampir 1 Persen, Cek 3 Saham Paling Kinclong

"Kabar baiknya, pangsa pasar Unilever Indonesia relatif stabil selama tahun 2024 berjalan," kata Direktur Utama Unilever Indonesia, Benjie Yap, dalam telekonferensi pers, Rabu, 23 Oktober 2024.

unilever hq

Photo :
  • urbika.com
Yupi Tebar Dividen Tunai Perdana Sebesar Rp 503,2 Miliar, 80 Persen Laba Bersih 2024

Capaian kinerja UNVR kuartal III-2024 itu dikontribusikan oleh penjualan segmen dalam negeri, yang meraup Rp 26,63 triliun atau melemah 9,89 persen secara year-on-year (yoy). Sementara penjualan ekspor terkoreksi 17,45 persen secara year-on-year menjadi Rp 785,7 miliar.

Lebih rinci, penjualan Unilever ditopang segmen produk kebutuhan rumah tangga dan perawatan tubuh dengan total penjualan mencapai Rp 17,59 triliun. Jumlah itu berasal dari penjualan dalam negeri senilai Rp 16,97 triliun dan ekspor sebesar Rp 619,99 miliar. 

Phapros Bidik Penjualan Naik di Atas 20 Persen pada 2025, Begini Strateginya

Di segmen makanan dan minuman, total penjualan Unilever mencapai Rp 9,82 triliun, dengan kontribusi penjualan di dalam negeri Rp 9,65 triliun dan ekspor sebesar Rp 165,71 miliar.

Kemudian, harga pokok penjualan tercatat sebesar Rp 14,13 triliun atau melemah 7,19 persen (yoy), sehingga membuat laba kotor UNVR mencapai Rp 13,28 triliun atau anjlok 13,05 persen (yoy) di kuartal III-2024.

"Capaian ini menunjukkan kemampuan Unilever untuk bertahan dan tetap tumbuh, meski menghadapi tantangan ekonomi dan industri yang ketat," kata Benji.

"Dari hasil kinerja tahun berjalan ini terlihat bahwa Unilever sedang menavigasi situasi penuh tantangan, sambil memahami dengan jelas langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasinya," ujarnya.

Logo Apple.

Apple Tembus Top 3 Pasar Smartphone Tiongkok, Penjualan iPhone Naik 8 Persen Kuartal II-2025

Apple kembali masuk top 3 pasar smartphone di Tiongkok pada kuartal II-2025. Penjualan iPhone naik 8 persen berkat promo e-commerce dan strategi tukar tambah (trade-in).

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2025