Tol Bogor-Serpong Via Parung Mulai Dibangun Oktober 2026 Ditargetkan Rampung Agustus 2028, Intip Rutenya

Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB
Sumber :
  • Dokumentasi PT Marga Sarana Jabar.

Jakarta, VIVA – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Wilan Oktavian mengungkapkan update terbaru terakit proyek pembangunan Tol Bogor-Serpong via Parung. Proyek tol tersebut merupakan prakarsa badan usaha atau unsolicited yang telah melalui tahapan proses yang cukup panjang.

Warga Wajib Tahu! Besok Ada 10 Rute Transjakarta Dimodifikasi Saat Perayaan HUT TNI ke-80

Dia menjabarkan prakarsa dilanjutkan dengan pengadaan pada tahun 2022 dan diikuti dengan beberapa tahapan. Yaitu, terdapat evaluasi teknis, finansial, dan legal hingga akhirnya penetapan pemenang pada bulan Juli 2024. Kemudian konsorsium pemenang membentuk badan usaha Jalan Tol yaitu PT Bogor Serpong Infra Selaras.

"Kami laporkan data teknis jalan tol ini panjangnya 32,03 km yang terdiri dari 27,83 km di provinsi Jawa Barat dan 4,2 km di provinsi Banten,” ujar Wilan dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol, Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung di Jakarta, Jumat, 3 Oktober 2025.

Simak Peralihan Rute TransJakarta Imbas Demo Hari Tani Nasional

Menurut dia, pembangunan Tol Bogor-Serpong via Parung terbagi menjadi empat seksi. Seksi 1 Junction (titik pertemuan jalan tol) Salabenda sampai Simpang Susun-Pondok Udik sepanjang 3,97 km.

Kemudian Seksi 2 Simpang Susun-Pondok udik sampai Simpang Susun-Putat Nutug sepanjang 9,27 km, lalu Seksi 3, Simpang Susun-Putat Nutug sampai Simpang Susun Rumpin, sepanjang 8,23 km. Seksi 4 Simpang Susun-Rumpin sampai Junction Serpong sepanjang 10,56 km.

Ingin Rute Diperpanjang Sampai Banten, Pramono Minta Dirut MRT Lakukan Ini

Kerja sama proyek Tol Bogor-Serpong via Parung.

Photo :
  • Antara.

Dari sisi finansial, investasi dari proyek pembangunan Tol Bogor-Serpong via Parung sebesar Rp12,351 triliun. Wilan mengatakan, nilai investasi ini merupakan keseluruhan biaya pembangunan Jalan Tol Bogor-Serpong yang baru yang mengikuti perencanaan teknis, pengadaan tanah, konstruksi, hingga pengoperasian.

"Insya Allah tanpa menggunakan APBN, skema kerja sama pemerintah badan usaha adalah menggunakan metode bangun guna serah yang telah banyak dilaksanakan di dalam pembangunan jalan tol di Indonesia," kata Wilan.

Dia juga menyampaikan, Jalan Tol Bogor-Serpong ini merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road 3 atau JORR 3.

"Proyek ini menghubungkan dengan jalan tol yang sudah ada yaitu di sebelah barat yakni Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja), kemudian nanti menyambung juga dengan Tol Bogor Outer Ring Road atau BORR.

Tol Bogor-Serpong via Parung ini nantinya juga akan menyambung dengan Tol Depok-Antasari. Kemudian ke depan juga dan dalam waktu dekat yaitu dengan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya