Menurut Riset Ipsos, Shopee Unggul dalam Memberikan Pengalaman Belanja Online yang Memuaskan
- Istimewa
VIVA – Di awal tahun 2024, pasar digital terus menunjukkan perkembangan yang dinamis, mengikuti pula dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat dalam berbelanja online. Untuk memahami aspek-aspek yang mendasari preferensi konsumen dalam mendapatkan pengalaman berbelanja yang holistik, IPSOS melakukan riset bertajuk "Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce".
Riset ini dilakukan dengan metode online panel dan melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai platform e-commerce di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa platform e-commerce yang menghadirkan pengalaman berbelanja yang holistik dengan mengedepankan kepuasan konsumen menjadi daya tarik utama.
Para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saing mereka melalui inovasi fitur dan program, dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman belanja online dan memberikan kepuasan secara keseluruhan bagi konsumen.
Riset IPSOS di E-commerce
- Istimewa
Menelaah lebih lanjut, berikut beberapa aspek yang dinilai esensial oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online:
1. Ragam Metode Pembayaran
Shopee unggul dengan pilihan metode pembayaran terlengkap (64%), diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%). Shopee juga mendominasi metode pembayaran Cash On Delivery (COD) (66%), diikuti Tokopedia & Lazada (12%), dan TikTok Shop (10%).
2. Kelengkapan Produk dan Toko Resmi
Shopee unggul dalam menyediakan toko resmi terlengkap (68%), mengungguli Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).
3. Harga Termurah
Shopee menjadi platform dengan harga termurah (64%), jauh melampaui Lazada (13%), Tokopedia (12%), dan TikTok Shop (11%). Shopee juga unggul dalam program Garansi Harga Termurah (GHT) yang paling diketahui (74%), dibandingkan Lazada (49%), Tokopedia (47%), dan TikTok Shop (37%). Data ini didukung dengan hasil riset, dimana 88% responden kerap memanfaatkan Shopee Garansi Harga Termurah.
4. Ragam Pilihan Layanan Pengiriman
Shopee (66%) masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).
5. Fitur Interaktif Live Shopping dan Video Pendek
Shopee unggul dalam layanan live streaming (63%), diikuti TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%). Shopee juga unggul dalam fitur video pendek paling menarik (61%), diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).
"Riset kami menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform," ujar Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia.