Mayoritas Netter Indonesia Akses via Ponsel

Akses Berita Lewat Gadget
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia ternyata memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, pengguna Internet di sini mayoritas mengakses melalui ponsel.

Perilaku Konsumen di Media Sosial: Studi Kasus Persib Bandung

Hal itu terungkap dari presentasi yang dibawakan oleh Regional Director Effective Measure untuk Asia Tenggara, Russell Conrad, pada acara panel diskusi Effective Measure – PPPI, di Jakarta, Jumat 1 April 2011.

Dari hasil riset teranyarnya, Effective Measure, firma yang memiliki spesialisasi dalam pengukuran statistik web, sebanyak 61,88 persen dari pengguna Internet Indonesia mengakses melalui ponsel. Sementara 38,12 persen lainnya mengakses Internet bukan dari ponsel.

6 Cara Setop Pesan Whatsapp dari Nomor yang Tak Dikenal, Dijamin Berhasil!

Mengacu pada data Effective Measure, pengguna Internet Indonesia tahun 2011 yang mencapai 39.100.000 atau tingkat penetrasi Internet sebesar 17 persen. Berarti pengguna Internet mobile Indonesia mencapai 24.195.080 orang.

Di Asia Tenggara, pengguna mobile web Indonesia ini adalah yang terbesar. Negara-negara lainnya, seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Malaysia, semua pengguna Internetnya mayoritas mengakses melalui perangkat bukan ponsel.

6 Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan Mudah, Dijamin Berhasil

Sementara untuk perilaku belanja online, barang yang paling sering dibeli oleh pengguna Internet Indonesia adalah tiket penerbangan atau tiket perjalan dengan persentase 5 persen. Barang terlaris berikutnya yang dibeli oleh pengguna Indonesia adalah buku dan majalah (44,97 persen), hardware dan software komputer (31,54 persen), dan elektronik (30,2 persen).

Pengguna internet mobile Indonesia tertinggi di Asia Tenggara

Dari sisi demografi, mayoritas pengguna Internet Indonesia berusia antara 25-30 (25,52 persen). Kelompok usia terbesar berikutnya adalah antara 21-24 tahun (20 persen), 18-20 (12,56 persen), 35-40 (11,93 persen), dan 31-34 tahun (11,58 persen).

Penghasilan mereka berkisar antara 0 - Rp 4,3 juta (39,84 persen), Rp 4,3 juta - Rp 8,6 juta (16,9 persen), dan Rp 8,6 juta - Rp 12,9 juta (11,17 persen). Mereka tinggal di kota-kota besar (44,59 persen), Ibu kota (38,32 persen), dan daerah terpencil (17,09 persen). Mayoritas belatar pendidikan S-1 (66,96 persen), SMA (21,58 persen), dan pasca sarjana (9,54 persen). (SJ)

Jenius Business Stream Head SMBC Indonesia, Anita Ekasari (tengah), dalam konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Mei 2025

Kartu Kredit s-Card dari Jenius Bisa Dipakai 5 Orang Terdekat, Begini Sistemnya

Jenius meluncurkan inovasi Kartu Kredit Tambahan Jenius (s-Card) dengan layanan pengaturan cash flow yang lebih simpel dan bisa diberikan ke orang-orang terdekat. 

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2025