Pria Ini buat Marketplace Unik yang bikin Kuliner Jogja Terkenal di Jakarta

Kuliner Jogja.
Sumber :
  • istockphoto.com

Yogyakarta, VIVA – Pandemi Covid-19 membawa dampak besar terhadap ekonomi, terutama sektor UMKM makanan dan minuman. Pembatasan sosial memaksa banyak usaha seperti restoran, kafe, dan warung makan untuk tutup sementara.

Vokhumfest, Pengabdian Mahasiswa UI ke Masyarakat Dorong UMKM Naik Kelas

Di sisi lain, konsumen juga menghindari tempat umum demi mengurangi risiko penyebaran virus, sehingga pendapatan pedagang di sektor makanan dan minuman menurun drastis.

Melihat situasi ini, Revo Suladasha, yang memiliki latar belakang bisnis makanan dan minuman, berinisiatif untuk membuat platform Yuk Tukoni, sebuah marketplace berbagai kuliner hits Jogja dalam versi makanan beku.

Dorong Ekonomi, Pertamina Tempa 30 UMKM Jadi Eksportir Tangguh

Produk yang dijual di Yuk Tukoni dikemas agar tahan lama dan bisa dikirim ke luar kota. Tujuannya adalah mendukung UMKM yang terdampak pandemi serta memudahkan konsumen mendapatkan makanan yang diinginkan.

Begini Cara HIPMI Sulteng Tumbuhkan UMKM hingga Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Saat ini, Yuk Tukoni telah bekerja sama dengan 60 UMKM yang tersebar di Jawa Tengah, Madiun, dan Semarang, dengan 1.800 produk terjual melalui platform tersebut. Sekitar 50-60% pesanan berasal dari Jakarta.

Berkat perannya dalam membantu perekonomian UMKM, Revo Suladasha dianugerahi SATU Indonesia Awards 2020 oleh Grup Astra dalam kategori ‘Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi COVID-19’.

Salah satu UMKM yang merasakan manfaat dari Yuk Tukoni adalah Mie Ayam Bu Tumini. Platform ini membantu UMKM tersebut tetap beroperasi selama pandemi, bahkan sempat menerima pesanan ratusan bungkus sehingga mitra kewalahan memenuhinya. 

Saat ini, Yuk Tukoni sedang mempersiapkan ekspansi dengan membuka toko offline di beberapa lokasi untuk memperluas pemberdayaan UMKM.

Robby Tanuwiharja Putra (kemeja putih), pemilik UMKM produk pernak-pernik dekorasi rumah.

Kisah Pemilik UMKM Produk Home Living dari Tangerang Menembus Pasar Global

Strategi pemasaran lebih banyak dijalankan secara online. Pengembangan produk melalui riset terus dilakukan agar dapat bertahan.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2025