IFW 2025 Angkat Tema Ronakultura Jakarta, Gabungkan Budaya Tradisional dan Gaya Hidup Kontemporer
- IFW.
Jakarta, VIVA – Indonesia Fashion Week (IFW) 2025 secara resmi meluncurkan kampanye terbaru bertajuk “Ronakultura Jakarta”. Kampanye ini menjadi pengantar menuju perhelatan utama Indonesia Fashion Week 2025 yang akan digelar pada 28 Mei hingga 1 Juni 2025.
“Ronakultura” merupakan gabungan dari kata Ronak (semarak) dan Kultura (budaya), yang menggambarkan semangat Jakarta sebagai kota dinamis, terus bergerak, dan penuh warna sebagai tempat budaya tradisional dan gaya hidup kontemporer saling bersilangan. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!
“Fashion bukan sekadar tampilan, tetapi bentuk ekspresi budaya dan identitas. Lewat Ronakultura, kami ingin memperlihatkan bagaimana Jakarta menjadi inspirasi sekaligus panggung bagi kreativitas yang terus berevolusi,” ujar Poppy Dharsono saat peluncuran kampanye di Menara Imperium, Jakarta, baru-baru ini.
Poppy Dharsono.
- IFW.
Jakarta, sambung Poppy Dharsono, bukan semata kota bisnis, tetapi melting pot dari ragam kultur sehingga tumbuh secara harmonis membentuk identitas kota sebagai ruang hidup bersama. Spirit tersebut tampak pada identitas wastranya dengan motif batik cenderung cerah dan menangkap unsur alam seperti dedaunan. Semarak budaya pada Ronakultura tersebut kemudian akan direpresentasi para desainer untuk ditampilkan pada titian peraga (runway) IFW 2025.
Tahun ini menandai tahun kedua kolaborasi strategis antara IFW dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, yang kembali mengangkat Jakarta sebagai tema besar. Setelah pada 2024 mengangkat budaya Betawi, kini cakupan diperluas menjadi perayaan kota Jakarta sebagai megapolitan yang kreatif dan kosmopolitan.
“Kami melihat Indonesia Fashion Week sebagai platform strategis untuk memperkenalkan Jakarta sebagai kota yang tidak hanya menjadi pusat ekonomi, tapi juga pusat kebudayaan dan gaya hidup. Kampanye Ronakultura memperkuat posisi Jakarta sebagai ruang kreatif yang terus berkembang dan terbuka untuk kolaborasi lintas sektor,” kata Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta.
Indonesia Fashion Week (IFW) 2025 bukan semata ajang gelaran busana tetapi juga mempertemukan para desainer dengan para pelaku usaha dan perajin lokal.
"Indonesia Fashion Week 2025 menjadi lebih dari sekadar pertunjukan busana, namun sebagai wadah dialog kreatif, tempat bertemunya para desainer dengan perajin lokal, para pelaku usaha, dengan konsumen global," kata Yuke Sri Rahayu selaku Deputi Bidang Kreativitas, Budaya, dan Desain Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Peluncuran kampanye ini menghadirkan penayangan perdana video kampanye IFW 2025, mini talkshow, dan perkenalan Icons IFW 2025, di antaranya Jindan, Kayla, Reuben, Vebby, Dwiki, dan Sophia.
IFW 2025 akan digelar selama lima hari penuh di Jakarta Convention Center (JCC), menampilkan lebih dari 200 desainer dan jenama lokal maupun internasional, serta berbagai program pameran, fashion show, talkshow, dan kampanye berkelanjutan.