Sambut Hari Kartini, Tokopedia dan TikTok Ajak Perempuan Berdaya Lewat Konten Digital

Tokopedia dan TikTok Ajak Perempuan Berdaya Lewat Konten Digital
Sumber :
  • VIVA/Helsa Alvina

Jakarta, VIVA – Di era digital seperti sekarang, peluang untuk meraih penghasilan dari internet semakin terbuka lebar. Salah satu cara yang banyak diminati adalah menjadi kreator affiliate di platform seperti TikTok dan Tokopedia.

Dikhawatirkan Generasi jadi Buruh Digital Bukan Inovator, Merger Grab-GoTo Dikritisi

Tapi tahukah kamu, bahwa kunci utama agar bisa sukses di dunia ini bukan hanya soal jumlah pengikut atau peralatan canggih? Jawabannya adalah konsistensi.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz. Dalam webinar bertajuk "Kita Hebat, Kita Bisa: Berdayakan Perempuan bersama TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop" yang digelar pada Kamis, 17 April 2025.

Bank Mandiri Diakui The Asian Banker sebagai The Best Transaction and The Best Trade Finance Bank in Indonesia

Tokopedia dan TikTok Ajak Perempuan Berdaya Lewat Konten Digital

Photo :
  • VIVA/Helsa Alvina

Rizky menyampaikan bahwa konsistensi dalam membuat konten dan aktif melakukan siaran langsung setiap hari menjadi fondasi utama bagi para kreator untuk membangun audiens yang loyal serta memaksimalkan potensi pendapatan mereka.

Nekat Demi Konten, Seorang Turis Temui Suku Paling Mematikan di Papua Nugini hingga Bertaruh Nyawa

“Konsistensi dalam membuat konten menarik dan aktif melakukan live setiap hari menjadi fondasi utama untuk membangun audiens yang loyal dan memaksimalkan potensi pendapatan,” ungkap Rizky.

Bagi kamu yang ingin memulai karier sebagai kreator affiliate, syaratnya tidak sulit. Rizky menjelaskan bahwa cukup memiliki akun TikTok dengan minimal 600 pengikut.

Tapi lebih dari sekadar angka, yang paling penting adalah komitmen. Para kreator diharapkan untuk rutin membuat video yang relevan dengan tren serta melakukan siaran langsung minimal dua jam per hari.

Lebih lanjut, Rizky menjelaskan bahwa algoritma TikTok sangat dipengaruhi oleh konsistensi. Ketika seorang kreator secara rutin mengangkat tema tertentu, misalnya fesyen, maka algoritma akan mengenali pola tersebut dan menyebarkan kontennya kepada pengguna lain yang memiliki minat serupa.

Menariknya, Tokopedia dan TikTok Shop mencatat bahwa sudah ada sekitar 8 juta kreator affiliate yang aktif di platform mereka, termasuk perempuan-perempuan Indonesia yang berhasil mandiri secara finansial lewat dunia digital.

"Jadi kalau aku sering ngobrol sama teman-teman kreator affiliate, kunci mereka nomor satu adalah konsisten," tutur Rizky.

Menjelang Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, Rizky juga menekankan bahwa perempuan memiliki peluang besar untuk sukses di dunia kreator digital. Dengan dedikasi dan kerja keras, para perempuan kreator telah membuktikan bahwa mereka bisa membangun identitas digital yang kuat sekaligus menciptakan penghasilan dari rumah.

"Dunia affiliate marketing kini tak lagi milik segelintir orang. Ini ruang yang terbuka luas, terutama bagi mereka yang berani konsisten dan kreatif, termasuk para perempuan," ujarnya.

Rizky pun menutup pernyataannya dengan sebuah pesan inspiratif.

“Perempuan di Indonesia itu kuat, hebat, dan punya potensi besar. Kisah sukses mereka bisa jadi inspirasi bagi perempuan lain untuk berani melangkah di dunia digital," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya