Kisah Penjual Olahan Pisang di Makassar 'Big Bananass' Sukses Naikkan Penjualan bersama Tokopedia & TikTok Shop
- Tokopedia-TikTok Shop
VIVA – Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, maka Tokopedia dan TikTok Shop terus berupaya mendorong kemajuan pelaku usaha makanan dan minuman di berbagai wilayah, termasuk Sulawesi Selatan seperti penjual olahan pisang ‘Big Bananass’, lewat berbagai inisiatif misalnya Beli Lokal, Promo Guncang, dan Ramadan Ekstra Seru (cek hasil kampanye di sini).
Data pemerintah menunjukkan bahwa industri makanan dan minuman olahan di Indonesia punya prospek yang sangat cerah.
Pertumbuhan industri makanan dan minuman Indonesia pada kuartal II tahun 2024 mencapai 5,53% dan kontribusi terhadap PDB pada kuartal I tahun 2024 mencapai 6,97%. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.
“Pada kuartal I 2025, Makanan dan Minuman menjadi kategori produk terlaris di dua platform sekaligus, baik di Tokopedia maupun TikTok Shop,” ungkap Antonia Adega, Communications Senior Lead, Tokopedia and TikTok E-commerce.
“Ini menandakan industri makanan dan minuman di Indonesia punya potensi sangat baik terutama di momen besar seperti Imlek atau Lebaran yang tahun ini sama-sama terjadi pada kuartal I 2025,” terangnya.
“Pada skala nasional, Makanan dan Minuman menjadi kategori produk yang paling laris pada kuartal I 2025 di Tokopedia dan TikTok Shop. Sejumlah produk di kategori Makanan dan Minuman menjadi yang paling laris, antara lain: cokelat, camilan, bahan masakan (mentega, minyak), kue kering, dan hampers atau gift set. Khusus di Sulawesi Selatan, kategori produk Makanan dan Minuman juga menjadi salah satu unggulan masyarakat baik melalui Tokopedia maupun TikTok Shop. Sejumlah produk, seperti cokelat, camilan, bahan masakan (bakso, bawang), aneka sambal, dan abon jadi yang paling laris,” tambah Antonia.
Salah satu penjual di Tokopedia dan TikTok Shop dari kategori produk Makanan dan Minuman di Sulawesi Selatan yang merasakan dampak positif berkat memanfaatkan platform digital dalam berjualan, sekaligus berpartisipasi dalam berbagai kampanye kolaborasi Tokopedia dan TikTok Shop adalah ‘Big Bananass’.
Pemilik Usaha Big Bananass, Indri Nova Lestari, menjelaskan, “Berkat ikut kampanye Tokopedia dan TikTok Shop seperti Beli Lokal dan Ramadan Ekstra Seru kami berhasil menaikkan penjualan hingga 200% dibandingkan sebelum mengikuti kampanye,” ujarnya.