Jadwal Mesin Baru Motor MotoGP Berkapasitas 850cc Disiksa di Sirkuit

MotoGP Spanyol 2025
Sumber :
  • Crash.net

VIVA – Sejak saham Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP sebagian besar sudah diambil alih Liberty Media yang biasa menggelar Formula One (F1), ada sejumlah regulasi baru yang akan mengubah balap motor tersebut.

Salah satunya memperkecil volume silinder, atau kapasitas mesin dari 1.000cc menjadi 850cc yang mulai diterapkan pada 2027. Meski waktunya kurang lebih dua tahun lain, namun belum ada pabrikan yang melakukan uji coba mesin baru tersebut.

Kumpulkan Data, Alex Marquez Siap Tempur di Balapan Utama MotoGP Ceko

Paddock Gresini Racing

Photo :
  • VIVA / Robbi Yanto


Dorna sebagai penyelenggara bersama FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme), IRTA (International Road Racing Teams Association), MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) telah mengumumkan bahwa pengujian mesin 850cc itu tidak akan dilakukan sampai akhir musim ini di Valencia.

"Kesepakatan telah dibuat antara pabrikan bahwa mereka tidak akan menguji mesin spesifikasi 2027 selama musim 2025. Ini berarti pengujian sepeda motor spesifikasi 2027 hanya akan diizinkan mulai tanggal 17 November 2025," tulis keterangan resminya, dikutip Crash.net, Jumat 9 Mei 2025.

Podium Dramatis Usai Operasi, Alex Marquez Bangkit di MotoGP Jerman

Artinya Ducati, Yamaha, KTM, Aprilia, dan Honda sepakat bahwa mereka baru akan menguji prototipe mesin baru yang lebih kecil setelah akhir musim ini.

Sejak 2012 motor MotoGP sudah menggunakan mesin 1.000cc dari sebelumnya 500cc. Penurunan kspasitas mesin itu dirancang untuk menurunkan kinerja lintasan di tengah kekhawatiran bahwa mesin saat ini menjadi terlalu cepat untuk area lintasan sirkuit.

Selain mesin yang lebih kecil, perangkat peninggi pengendaraan akan dilarang, dan aerodinamika akan dikurangi. Pirelli juga akan menggantikan Michelin sebagai pemasok ban eksklusif.

Penundaan pengujian ini menambah pembekuan pengembangan mesin saat ini, yang mengunci desain mesin saat ini - kecuali untuk Honda dan Yamaha dalam kelompok konsesi D - hingga akhir tahun 2026, karena alasan biaya.

Selain itu memasuki seri kelima musim ini ada dua aturan yang diperbaharui, yakni soal start karena berkaca dari kericuhan Marc Marquez di Amerika, dan terkait uji coba motor yang belajar dari kasus cedera Jorge Martin.

Lolos dari Jebakan Maut di MotoGP Jerman, Marquez Ternyata Pakai Ilmu
Marc Marquez, Francesco Bagnaia, Alex Marquez

Duka dan Asa Gresini di MotoGP Ceko: Marquez Jatuh, Aldeguer Bangkit

Gelaran MotoGP Ceko 2025 berakhir dengan hasil yang campur aduk untuk Tim BK8 Gresini Racing. Pembalap utama mereka, Alex Marquez, terpaksa gagal finis

img_title
VIVA.co.id
22 Juli 2025