VW ID Buzz Dapat ‘Coretan’ Menarik
- Maxdecal
Tangerang, VIVA - Kolaborasi antara industri otomotif dan sektor ekonomi kreatif semakin terlihat menonjol dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya fokus pada inovasi teknis, berbagai pelaku di sektor otomotif kini mulai membuka ruang lebih luas bagi karya seni, desain, dan kekayaan intelektual lokal untuk terlibat dalam pengembangan produk maupun kampanye brand.
Fenomena ini tampak dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, di mana keterlibatan pelaku ekonomi kreatif menjadi bagian penting dari pameran.
Salah satu yang menonjol adalah Maxdecal, merek lokal yang bergerak di bidang stiker kendaraan, yang menjalin kolaborasi dengan Volkswagen Indonesia dan Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) dalam kampanye bertajuk New Buzz in Life.
Program ini melibatkan pemilik kekayaan intelektual (IP) lokal, komunitas seni, dan seniman dalam menghadirkan pendekatan baru terhadap kendaraan—bukan hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai media ekspresi.
“Kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya bersama dalam mendukung ekosistem ekonomi kreatif Indonesia, tidak hanya untuk sektor otomotif, tetapi juga bagi pelaku seni dan komunitas,” ujar Nofian Hendra, Project Director & RnD Maxdecal di ICE BSD, Tangerang.
Salah satu hasil dari kolaborasi tersebut adalah modifikasi pada mobil listrik VW ID. BUZZ. Kendaraan tersebut dilapisi stiker Maxdecal seri VPF 100 dengan warna abu-abu metalik doff, lalu dilukis secara langsung di lokasi oleh dua seniman dari Tenka Street. Aksi live painting ini menjadi salah satu atraksi di booth VW selama GIIAS berlangsung.
Selain itu, Maxdecal juga menampilkan unit ID. BUZZ lainnya yang dimodifikasi menggunakan stiker seri 9600–SMC10, hasil kerja sama dengan bengkel modifikasi.
Tak hanya hadir sebagai pelaku teknis, Maxdecal juga ikut serta dalam sesi diskusi publik bersama Wakil Menteri EKRAF Irene Umar, membahas peluang kolaborasi antara industri otomotif dan pelaku kreatif.
Program-program seperti art party, moto art show, dan autocoffee juga dikenalkan sebagai bagian dari inisiatif berkelanjutan yang ingin menjembatani dua sektor tersebut.