Mobil Listrik Bakal Makin Banyak, Leapmotor Siap Masuk RI

Leapmotor C10
Sumber :
  • Carnewschina

Jakarta, VIVA - Grup otomotif raksasa Stellantis melalui PT Indomobil National Distributor semakin agresif memperluas kehadirannya di Indonesia. Setelah menghadirkan Citroën dan Jeep, mereka memastikan akan membawa satu merek baru lagi tahun ini. 

BYD Atto 3 Versi Murah Sudah Ada di Diler, Harga Rp390 Juta

Salah satu kandidat terkuat adalah Leapmotor, merek mobil listrik asal China yang sebagian sahamnya telah diakuisisi Stellantis.  

CEO PT Indomobil National Distributor, Tan Kim Piauw, mengungkapkan bahwa diskusi mengenai merek baru ini sudah berlangsung lama, dan saat ini hanya tinggal menunggu momen peresmian. 

“Ya, memang ada beberapa merek yang antara kami dengan Stellantis bicarakan. Salah satunya yang paling dekat mudah-mudahan bisa diperkenalkan,” kata Tan di Jakarta belum lama ini. 

Sekali Cas Mobil Listrik Baru Buatan China Ini Bisa Jalan 1.055 KM

Leapmotor dikenal sebagai produsen kendaraan listrik dengan berbagai model yang menargetkan segmen EV terjangkau. Stellantis sendiri telah membeli 21 persen saham Leapmotor dan membentuk perusahaan patungan untuk memperluas jangkauan merek ini ke pasar global. 

Jika benar masuk ke Indonesia, Leapmotor bisa menjadi pesaing baru di pasar kendaraan listrik yang tengah berkembang pesat.  

Mengenai peluncurannya, Tan memberi sinyal bahwa Leapmotor kemungkinan akan diperkenalkan melalui pameran otomotif besar seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Namun, ia belum bisa mengungkap model apa yang akan dibawa lebih dulu. 

Youtuber Ini Minta Maaf Setelah Menuduh BYD Mencemarkan Nama Baik Pesaingnya

“Mudah-mudahan di (pameran) Gaikindo kami bisa lakukan, mudah-mudahan,” tuturnya. 

Selain Leapmotor, Stellantis juga terus mengevaluasi potensi merek lain untuk pasar Indonesia. Tidak menutup kemungkinan, dalam beberapa tahun ke depan, mereka akan membawa lebih banyak brand di bawah naungan grup otomotif global tersebut.

“Apakah tahun depan tambah lagi? Ya itu bisa saja. Antara kami dengan Stellantis memang jauh-jauh hari sebelum meluncurkan produk itu pasti dilakukan studi bersama dari berbagai sisi. Seperti price positioning, market segment yang cocok, ada lagi strategi segmen mana yang kami incar,” kata Tan. 

BYD Seal DM-i 5.0

Stok Mobil Numpuk di Diler Hingga Diskon Besar-besaran Bikin Saham BYD Anjlok

Target ambisius BYD terhadap penjualannya sepanjang 2025 di Tiongkok membuat pabrikan harus mengirimkan unit dalam jumlah banyak ke jaringan diler mereka, sehingga terjad

img_title
VIVA.co.id
27 Mei 2025