Anak Motor Merapat! Begini Jadinya saat Motul Berkolaborasi dengan Von Dutch
- Motul Indonesia
VIVA – Setiap pemilik motor memiliki gaya hidup yang berbeda-beda, terutama mereka yang menyukai motor klasik atau kustom. Cara berpakain mereka biasanya berbeda dengan pecinta sport, atau penggemar motor balap.
Umumnya sebagaian pengguna motor kustom lebih terlihat nyentrik, atau dianggap gaul. Sementara pengguna motor sport, atau penyuka balap biasanya menggunakan apparel buatan brand racing ternama.
Von Dutch yang dikenal memiliki banyak merchandise dan apparel untuk penggemar motor kustom sudah melebarkan sayapnya untuk mengakomodir semua genre penyuka sepeda motor, termasuk pecinta balap.
Motul x Von Dutch
- Motul Indonesia
Setelah membuat apparel yang terinspirasi dari ajang MotoGP, kini Von Dutch berkolaborasi dengan Motul Indonesia sebagai pelumas asal Prancis yang kerap digunakan dalam ajang balap atau motor berperforma tinggi.
Kolaborasi tersebut juga menjadi gebrakan baru buat Motul melalui ikon fesyen bergenre kustom kultur asal Amerika Serikat tersebut, dan ini menjadi tanda untuk merek pelumas tersebut masuk ke ranah gaya hidup urban.
Adapun beberapa lini produk eksklusif bertajuk Motul x Von Dutch Custom Culture Series ini antara lain t-Shirt, workshirt, jaket, windbreaker, trucker hat, snapback, rubber keychain, serta bag, dan totebag.
Semua item hasil kolaborasi brand fesyen dan oli tersebut tersedia sejak 5 Juli 2025 di flagship store Von Dutch di Gubeng Surabaya, Ubud Bali, Bahureksa Bandung, dan beberapa lokasi lain, termasuk di marketplace.
National Sales Director Motul Indonesia, Welmart Purba mengatakan, kolaborasi ini bukan hanya tentang produk, tetapi juga strategi brand yang mendalam. Salah satu fokus utama, yaitu untuk menjangkau audiens baru.
"Dikenal luas di dunia otomotif dan balap, Motul kini mengambil langkah progresif dengan merambah segmen gaya hidup. Melalui kolaborasi ini, Motul ingin menjangkau audiens baru, terutama anak muda dan urban enthusiast yang mengapresiasi identitas visual dan cerita di balik setiap produk," ujar Purba, dikutip dari keterangannya, Sabtu 12 Juli 2025.
Menurutnya kedua brand memiliki akar kuat di dunia otomotif dengan menyatukan dua entitas melalui warisan budaya yang selaras, menciptakan produk yang tidak hanya stylish, tetapi juga sarat nilai sejarah dan karakternya masing-masing.
Merchandise ini dirancang sebagai 'walking media' alias media berjalan yang memperkuat koneksi emosional antara brand dan konsumen. Saat digunakan, koleksi ini akan menciptakan exposure organik di ruang publik sekaligus mempertegas kedekatan antara brand dan gaya hidup penggunanya.
Di sisi lain, lewat jaringan retail dan ekosistem kreatif Von Dutch, kolaborasi ini membuka peluang Motul untuk hadir dalam banyak event lifestyle, kolaborasi, dan ruang-ruang kreatif lainnya, sehingga membuat Motul akan terus relevan di tengah perubahan tren konsumen.
"Kolaborasi Motul x Von Dutch adalah eksplorasi lintas budaya dan industri. Dengan merangkul gaya hidup sebagai medium komunikasi, Motul terus memperluas makna performa, dari lintasan balap, ke jalanan, hingga ke elemen fashion sehari-hari," ucapnya.