Bea Cukai Tingkatkan Pelayanan Terintegrasi Melalui CEISA 4.0

Bea Cukai tingkatkan sistem informasi pelayanan terintegrasi
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Bea Cukai terus berupaya memperbaiki layanan, termasuk peningkatan sistem informasi pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai. Hal ini diwujudkan salah satunya dengan diterapkannya sistem aplikasi Customs-Excise Information System and Automation (CEISA) yang saat ini sudah memasuki generasi keempat. Dalam rangka implementasi CEISA 4.0, Bea Cukai berikan asistensi kepada pengguna jasa di Surabaya dan Bandung.

Puluhan Gram Emas hingga Mobil Ditebar untuk Pengguna MyPertamina

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan bahwa portal pengguna jasa CEISA 4.0 merupakan suatu sistem yang digunakan untuk membuat dokumen pabean pengganti modul aplikasi pemberitahuan impor barang (PIB), pemberitahuan ekspor barang (PEB), dan tempat penimbunan berikat (TPB).

“Pengguna jasa dapat mengakses semua proses kepabeanan dalam satu sistem portal, termasuk tracking status barang kiriman. CEISA 4.0 dapat diakses menggunakan browser, sehingga pengguna tidak perlu menginstal aplikasi khusus di perangkat komunikasinya. Sistem ini juga sudah terintegrasi dengan sistem kurs mata uang, manifest, dan pajak,” jelas Encep.

Dunia Digital Itu Praktis, Tapi Harus Tetap Waspada

Dalam mendukung implementasi tersebut, Bea Cukai Tanjung Perak berkesempatan menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi bertema “Peningkatan Efisiensi dalam Prosedur Bea Cukai melalui Penerapan CEISA 4.0 Pandangan dari Praktisi dan Pejabat”. Kegiatan dilaksanakan oleh DPW ALFI Jawa Timur berkolaborasi dengan PT Guud Logistics Indonesia, bertempat di Hotel Arcadia Surabaya, pada Kamis (14/12).

Sementara itu, di Bandung, Bea Cukai Bandung menggelar kegiatan sharing session kepada pengguna jasa bertema “Piloting CEISA 4.0 Layanan TPB” dengan mengundang narasumber dari Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai (IKC). Kegiatan dilaksanakan di aula Kantor Bea Cukai Bandung, pada Selasa (28/11).

Capaian Nyata BPJS Kesehatan, Bukti Pemerataan Layanan JKN Hingga ke Pedalaman

Encep mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk berdialog aktif membahas kendala yang dihadapi oleh pengguna jasa maupun internal Bea Cukai.

“Diharapkan dengan adanya asistensi dan dialog interaktif ini, ke depannya implementasi CEISA 4.0 dapat berjalan dengan lebih lancar, sehingga dapat memberikan layanan yang optimal kepada seluruh pemangku kepentingan,” tutupnya.

Booth Hino di GIIAS 2025

Hino Merangkul Teknologi Masa Depan

Di era digital saat ini, Hino juga mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2025