Viral Penumpang Lompati Pagar Pembatas Stasiun Cikini karena Pintu Keluar Jauh, Ini Kata KAI

Ilustrasi pagar pembatas Stasiun Cikini, Jakarta Pusat
Sumber :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

Jakarta, VIVA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta tidak membuka pagar pembatas bagian tengah Stasiun Cikini salah satunya karena sudah menyediakan dua titik akses menuju stasiun.

Detik-detik Komplotan WNA Diduga Hipnotis dan Gondol Uang Kasir Warung Seafood di Jaksel

Hal itu disampaikan menyusul video viral di sosial media terkait aksi para penumpang melompati pagar pembatas Stasiun Cikini.

"Ada dua titik sebelah utara menuju taman dekat tempat kumpul ojek pengkolan, sebelah selatan ada akses masuk dekat Indomaret dan shelter Transjakarta," ujar Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Identitas 29 Korban Selamat Tenggelamnya KMP Tunu Pratama Jaya di Ketapang-Gilimanuk

Stasiun Cikini

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Dia mengatakan KAI Jakarta tak membuka pagar pembatas bagian tengah stasiun juga untuk menghindari adanya angkutan semisal taksi atau ojek parkir sembarangan.

Pengakuan Mengerikan Penumpang Ceritakan Detik-detik KMP Tunu Pratama Jaya Tenggelam di Selat Bali

"Supaya tertib. Kalau pagar dibuka, ojek, taksi akan mangkal di sembarang tempat. Jalan akan macet. Belum lagi pedagang akan masuk pedestrian seperti di sebelahnya," kata dia.

Adapun belum lama ini, sebuah video viral di media sosial para penumpang kereta melompati pagar pembatas Stasiun Cikini. Ini lantaran pintu keluar stasiun cukup jauh dari halte angkutan umum.

Ixfan mengingatkan aksi melompati pagar bukan hanya melanggar aturan, namun juga berpotensi membahayakan keselamatan penumpang itu sendiri serta mengganggu kelancaran operasional di area stasiun.

Menurut dia, hampir seluruh stasiun KRL di wilayah Daop 1 Jakarta dirancang dengan sistem pemagaran pada area pejalan kaki atau pedestrian.

Hal ini tidak hanya berfungsi untuk keamanan dan keselamatan, tetapi juga sebagai bagian dari upaya penataan kawasan stasiun agar lebih tertib dan terintegrasi.

Ixfan menambahkan, KAI Daop 1 Jakarta akan terus berkolaborasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku pengelola pelayanan KRL untuk menangani secara persuasif seperti petugas melakukan aktif mengawasi dan menegur penumpang yang melompat pagar. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya