Lewat Warkop DKV 2025, Mahasiswa UTB Pamerkan Karya Inovasi Realitas Kehidupan
- Istimewa
Jakarta, VIVA – Mahasiswa Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Teknologi Bandung (UTB) menggelar pameran tahunan bertajuk Wadah Apresiasi Ragam Karya Olah Presentasi (Warkop) DKV 2025.
Pameran yang menjadi ruang apresiasi bagi mahasiswa untuk menampilkan perjalanan kreatif sekaligus karya-karya yang mencerminkan proses belajar, refleksi intelektual hingga pencapaian akademik ini berlangsung pada 23-27 September 2025.
Warkop DKV tahun ini menghadirkan dua rangkaian utama yaitu Kilas Balik dan Pameran Tugas Akhir. Pada sesi Kilas Balik, ditampilkan 124 karya mahasiswa semester 1–6, mulai dari aksara, nirmana, fotografi, ilustrasi, videografi, hingga karya eksperimental yang merefleksikan dinamika eksplorasi visual para mahasiswa yang merupakan tugas harian dari seluruh mata kuliah tersebut.Â
Sementara itu, Pameran Tugas Akhir menyuguhkan 78 karya mahasiswa tingkat akhir dengan gagasan-gagasan segar, mencakup media promosi, kampanye sosial, media edukasi, identitas visual, hingga desain lingkungan.
Secara keseluruhan, lebih dari 160 mahasiswa terlibat langsung dalam pameran ini, menjadi bukti nyata antusiasme sivitas akademika DKV UTB dalam memaknai desain bukan sekadar keterampilan teknis, melainkan juga medium untuk berpikir, berkarya, dan memberi makna bagi masyarakat.
Lebih dari sekadar pameran karya, Warkop DKV 2025 menghadirkan narasi perjalanan panjang mahasiswa dalam memahami desain komunikasi visual sebagai bahasa yang hidup di tengah masyarakat.Â
Tidak sedikit dari karya yang dipamerkan mengangkat isu-isu sosial, budaya, lingkungan, hingga edukasi, sehingga mampu memberikan pesan yang relevan, menyadarkan publik, bahkan mendorong perubahan sikap.Â
Melalui desain, mahasiswa UTB membuktikan bahwa karya visual bukan hanya menghadirkan estetika, tetapi juga dapat menjadi medium komunikasi yang kuat, sarana advokasi, serta solusi kreatif untuk permasalahan nyata.
Pameran ini juga merefleksikan peran penting Departemen Desain Komunikasi Visual UTB yang terus mendorong mahasiswanya untuk berkembang menjadi desainer muda yang kompeten dan relevan.Â
Departemen DKV UTB membekali mahasiswa dengan keterampilan teknis, pemahaman konseptual, serta kemampuan problem solving yang berpadu dengan kesadaran akan konteks sosial budaya. Kurikulum yang adaptif, kolaborasi dengan industri, serta ruang ekspresi melalui pameran seperti Warkop DKV menjadi bagian dari strategi untuk menyiapkan lulusan yang mampu bersaing dan berkontribusi nyata di dunia kreatif.