Dikunjungi Menteri Teten dan Gibran, Uniqlo Janji Jual Produk UMKM
- Fajar Sodiq/VIVA.
VIVA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mendatangi salah satu pusat perbelanjaan atau mal di Solo, Selasa, 28 September 2021.
Kedatangannya mereka bukan untuk berbelanja tetapi untuk menyaksikan gerai yang menampilkan hasil kerajinan usaha kecil menengah dan mikro yang mejeng di Uniqlo, Solo Paragon Mall.
Mereka langsung disambut oleh sejumlah petinggi Uniqlo Indonesia, di antaranya Presiden Direktur PT FastRetailing Indonesia (Uniqlo Indonesia) Naoki Kamogawa, Corporate Affairs Director Uniqlo Indonesia Irma Yunita dan lainnya. Rombongan langsung berjalan menyusuri etalase pakaian di dalam Uniqlo.
Setelah itu mereka pun langsung menuju tempat etalase yang menampilkan sejumlah hasil produk kerajinan UMKM lokal. Penandatanganan memorandum of standing (MoU) sebagai wujud kolaborasi komitmen dalam upaya mendukung pertumbuhan bisnis UMKM lokal di Indonesia.
Penandatangan MoU itu dilakukan antara perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM dan Uniqlo Indonesia dan disaksikan Teten dan Gibran.
Dalam sambutannya Teten Masduki sangat mengapresiasi kebijakan Uniqlo Indonesia yang ikut membantu memasarkan produk-produk UMKM. Ternyata pemasaran produk dari UMKM itu tidak hanya dilakukan di dalam negeri. Tetapi diharapkan juga semakin banyak produk UMKM di Tanah Air bisa dibantu pemasarannya hingga ke luar negeri.
Baca juga: HUT ke-76, KAI Komitmen Genjot Transformasi Digital
“Kita berharap UMKM-UMKM kita dengan dukungan dari Uniqlo bisa masuk ke pasar global,” kata dia di gerai Uniqlo Solo Paragon Mall, Selasa, 28 September 2021.
Menurut Teten, produk kerajinan UMKM yang dihasilkan para perajin di Tanah Air kualitasnya cukup bagus dan unik. Ia pun menilai produk kerajinan yang dihasilkan tidak kalah dengan produk kerajinan di dunia. Terlebih untuk produksi kustom juga sangat unggul lantaran para perajin di Indonesia sangat kreatif.
“Kita menyakini produk UMKM kita itu bagus-bagus dan unik-unik. Kalau kustom produk, kita enggak kalah lah ya dengan produk dari luar. Anak-anak Indonesia kreatif-kreatif, darah seninya anak-anak kita itu luar biasa. Saya sudah saksikan semua produk kustomnya luar biasa. Uniqlo mirip-miriplah produknya kustom,” jelasnya.