Pengguna LRT Jabodebek Naik 43 Persen Pasca Lebaran, Tembus 83 Ribu Penumpang

LRT Jabodebek
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Pada Selasa, 8 April 2025, hari pertama masuk kerja setelah libur dan cuti bersama Idulfitri yang berlangsung dari 28 Maret hingga 7 April 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 83.244 pengguna LRT Jabodebek. Angka ini menandai peningkatan signifikan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pecah Rekor! Macet Parah Jakarta Dongkrak Jumlah Penumpang LRT Jabodebek

Pada hari pertama masuk kerja pasca Idulfitri 2024 yakni pada 16 April 2024, tercatat ada 58.098 pengguna. Artinya, terjadi peningkatan sebesar 43 persen pada tahun ini.

Kenaikan tersebut memperlihatkan tren positif dan menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap transportasi publik terus menguat. Meski begitu, jumlah ini masih di bawah rata-rata pengguna harian pada hari kerja selama bulan Maret 2025 yang mencapai 91.275 pengguna per hari.

Dua Pria Ditangkap Hendak Curi Trafo Bekas Stasiun Manggarai

KAI menjelaskan bahwa sebagian perusahaan masih menerapkan kebijakan Work From Anywhere (WFA), sehingga belum seluruh karyawan kembali bekerja dari kantor.

KAI Gandeng Deutsche Bahn Kolaborasi Dukung Transformasi Hijau dan Digital Sektor Perkeretaapian Indonesia

Sebagai perbandingan, pada periode menjelang libur panjang yakni 24 hingga 27 Maret 2025, ketika kebijakan WFA mulai diterapkan, rata-rata pengguna harian LRT Jabodebek mencapai 82.064 penumpang.

“Antusiasme masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi publik pasca libur panjang menunjukkan bahwa LRT Jabodebek telah menjadi bagian dari mobilitas harian di Jabodebek," kata Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu, 9 April 2025

LRT Jabodebek menegaskan komitmennya dalam menghadirkan layanan yang andal, terintegrasi, dan ramah pengguna. Transportasi publik, kata mereka, bukan hanya solusi mengatasi kemacetan, tapi juga mendorong mobilitas yang lebih berkelanjutan di wilayah metropolitan.

"Kami akan terus meningkatkan kualitas layanan demi memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan efisien," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya