BI: Indeks Keyakinan Konsumen April 2025 Tetap Terjaga
- pexels.com/Kaboompics.com
Jakarta, VIVA – Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil survei Konsumen Bank Indonesia pada April 2025, yang mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga.
Kepala Departemen Komunikasi BI, Ramdan Denny Prakoso mengatakan, hal itu antara lain tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2025, yang berada pada level optimis sebesar 121,7,
"Lebih tinggi dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya yang sebesar 121,1," kata Ramdan dalam keterangannya, Jumat, 9 Mei 2025.
Ilustrasi konsumen.
- ANTARA/R. Rekotomo
Dia menambahkan, terjaganya keyakinan konsumen pada April 2025 ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Dimana, IKE tercatat sebesar 113,7 pada April 2025, lebih tinggi dibandingkan dengan indeks bulan sebelumnya yang sebesar 110,6.
"Sementara IEK tetap berada pada level optimis sebesar 129,8, meski lebih rendah dibandingkan dengan indeks bulan sebelumnya yang sebesar 131,7," ujarnya.
Hasil survei secara rinci menunjukkan bahwa keyakinan konsumen pada April 2025 naik di sejumlah kategori pengeluaran. Yakni masyarakat yang mencatatkan pengeluaran (spending) Rp 2,1-Rp 3 juta dan di kelompok masyarakat berpengeluaran Rp 4,1-Rp 5 juta.
Namun, masyarakat di kelompok pengeluaran terendah yakni antara Rp 1-Rp 2 juta, justru mencatatkan penurunan IKK. Sementara kelompok tertinggi yang memiliki pengeluaran di atas Rp 5 juta juga mencatatkan IKK yang sama.
Keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian barang tahan lama tercatat meningkat pada mayoritas kelompok pengeluaran.
Hal itu utamanya terlihat dari kelompok masyarakat yang memiliki pengeluaran di atas Rp 5 juta, serta kelompok masyarakat dengan rentang usia antara 20-30 tahun dan medio 31-40 tahun.
