Pegadaian Bocorkan Starategi 'Mengemaskan' Indonesia
- www.freepik.com
Jakarta, VIVA – Setelah resmi terbentuk bank emas (bullion bank) pada 26 Februari 2025, PT Pegadaian semakin serius menggarap sektor ini.
Perusahaan memperkuat perannya dalam pengelolaan emas nasional dengan menyiapkan ekosistem emas yang terintegrasi.
Kepala Divisi Pemasaran PT Pegadaian, Yudi Sadono, menuturkan upaya Pegadain selaras dengan program pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yang tengah mendorong penataan kembali aset-aset strategis Indonesia, khususnya pertambangan emas.
Yudi menambahkan, peran Pegadaiam tidak hanya sebatas penyedia bank emas saja. Bersama sejumlah badan usaha milik negara (BUMN), Pegadaian dapat dilibatkan secara aktif, mulai dari proses hilirisasi pertambangan, perdagangan, hingga monetisasi emas.
"Dengan adanya bank emas kita harapkan Pegadaian ikut terlibat sana hilirisasi emasnya. Mulai dari mining-nya hingga kegiatan perdagangannya maupun monetisasinya itu nanti kita ada lembaga resmi," ujar Yudi saat ditemui di Jakarta pada Rabu, 24 September 2025.
Kepala Divisi Pemasaran PT Pegadaian Yudi Sadono
- VIVA/Ayesha Puri
Tak hanya itu, Pegadaian juga sudah memiliki jargon baru sebagai bagian dari visi jangka panjang menuju 2045, yakni “Mengemaskan Indonesia.” Filosofi tersebut menggambarkan tekad perusahaan untuk menjadikan emas sebagai simbol kemakmuran sekaligus pendorong utama dalam pencapaian target Indonesia Emas.
Dengan strategi ini, Pegadaian optimistis bisa menjadi salah satu motor utama dalam mendukung transformasi ekonomi nasional. Hilirisasi emas diyakini bukan hanya membuka peluang usaha baru, tetapi juga memperkuat ketahanan ekonomi dalam jangka panjang.
“Ke depan, program Indonesia Emas 2045 akan semakin relevan dengan kontribusi Pegadaian. Perusahaan tidak hanya fokus pada bisnis pembiayaan dan investasi, tetapi juga berperan aktif dalam pengembangan ekosistem emas yang berkelanjutan,” tambahnya.
Langkah strategis ini sekaligus menegaskan komitmen Pegadaian untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Salah satunya program loyalitasnya adalah Badai Emas Periode I yang memberikan hadiah menarik kepada hampir 450 pemenang.
Program Badai Emas merupakan bentuk apresiasi perusahaan kepada nasabah yang sudah loyal menggunakan jasa-jasa Pegadaian, baik itu investasi maupun pembiayaan. Selain itu sebagai program retensi untuk menunjukkan bahwa perusahaan plat merah tidak hanya fokus pada pengembangan aktivitas bisnis saja tetapi juga memberikan kebermanfaatan terhadap publik.
Sebanyak 1,5 juta nasabah berpartisipasi dalam program loyalitas ini. Dengan total kupon undian mencapai kurang lebih sekitar 143 juta pada program Badai Emas di Periode I tahun 2025.