Pelaku Bisnis Bergantung sama Dunia Maya

WhatsApp.
Sumber :
  • Operation Eagle

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Meta menilai kanal yang lebih privat untuk berkomunikasi dengan konsumen membantu bisnis dalam menjangkau pelanggan mereka secara efektif.

Pertamina Siap Jaring Talenta Berprestasi, Demi Dukung Energi Masa Depan Indonesia

"Jika dilihat dari perspektif bisnis, mereka ingin menemui pelanggannya di mana pun berada," kata Wakil Direktur Perpesanan Bisnis Meta Nikila Srinivasan, Jumat, 7 Juni 2024.

Keberadaan di dunia maya saat ini menjadi penting bagi pelaku bisnis, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM), untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Janji Tak 'Kabur' Usai IPO, Merry Riana dan Suami Tahan Saham MERI hingga 2030

Dari berbagai cara yang saat ini tersedia untuk berhubungan dengan bisnis, aplikasi pesan instan, misalnya WhatsApp Business, adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan terutama di negara-negara yang menggunakan aplikasi pesan instan untuk komunikasi sehari-hari.

"Rasanya lebih intuitif menggunakan aplikasi, platform, yang kita gunakan sehari-hari, khususnya untuk UKM. Ini adalah cara yang efektif karena konsumen yang ingin dihubungi aktif di WhatsApp setiap hari," ungkapnya.

Candil Ajak Fans Jadi Pengusaha Sejati lewat Podcast Edutainment

Memiliki percakapan secara perorangan, lanjut Nikila, adalah cara yang baik bagi bisnis untuk mengenali dan membangun hubungan dengan pelanggan mereka.

Data Meta untuk Indonesia menunjukkan tujuh dari 10 orang lebih menyukai mengirim pesan kepada bisnis dibandingkan mengontak melalui email.

Hampir 9 dari 10 orang Indonesia mengirim pesan kepada sebuah bisnis setidaknya seminggu sekali. Secara global, aplikasi WhatsApp Business digunakan lebih dari 200 juta pengguna.

Business Talkshow Pertamina di PGTC 2025

PGTC 2025: Pertamina Ajak Generasi Muda Berwirausaha

Melalui program Pertamuda, Pertamina mendukung penuh generasi muda untuk semakin bisa menumbuhkan ide bisnisnya.

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2025