Inovasi Terbaru Industri Influencer dengan KOL.ID

Founder & Co Founder KOL.ID
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Anda mungkin sering melihat promosi produk atau konten pemasaran yang dibuat oleh para influencer di media sosial. Influencer atau Key Opinion Leader (KOL), adalah individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial. Mereka memiliki banyak pengikut dan dapat mempengaruhi pendapat orang lain terhadap suatu brand atau produk.

Tangkis Tuduhan Genosida, Israel Bayar Influencer AS Rp116 Juta per Postingan di Medsos

Saat ini, banyak brand yang memanfaatkan pengaruh influencer marketing. Baik itu mega-influencers maupun micro-influencers, keduanya dipilih untuk menjadi bagian dari strategi pemasaran. Studi menunjukkan bahwa kolaborasi dengan micro-influencers menghasilkan hasil yang lebih efektif. Tidak mengherankan jika pada tahun lalu, 64% brand bekerja sama dengan micro-influencers, sementara 27% bekerja sama dengan mega-influencers.

KOL.ID

Photo :
  • KOL.ID

Genjot Penjualan UMK, SIG Dorong Pemasaran Online

Saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada sekitar 1,1 juta influencers. Ini terdiri dari lebih dari 0,13 juta micro-influencers, 14,5 ribu macro-influencers, lebih dari seribu selebritis, dan 0,98 juta nano-influencers. Dengan angka ini, tidak mengherankan banyak brand yang memilih bekerja sama dengan para influencer untuk mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk mereka.

Influencer sering kali berbagi konten yang relevan dengan minat dan gaya hidup mereka, dan membangun relasi yang kuat dengan followers mereka. Para influencer bisa berasal dari berbagai macam latar belakang, mulai dari selebriti, ahli dalam suatu bidang, atau seseorang yang memiliki keunikan dalam memproduksi konten. Kerjasama dengan influencer merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens target.

Albi Huma Bari: Influencer 100K Followers yang Kini Jadi 'Pangeran' Lampung Selatan

Di tengah dinamika yang terus berubah dalam dunia pemasaran influencer, KOL.ID muncul sebagai pionir dengan platform all-in-one yang mengakomodasi Key Opinion Leader (KOL) di Indonesia. Dengan aksesibilitas melalui perangkat desktop dan mobile, KOL.ID membekali para influencer dan brand untuk mengoptimalkan promosi dengan lancar.

Founder & Co Founder KOL.ID

Photo :
  • Istimewa

Bermarkas di Jakarta, KOL ID resmi hadir di Indonesia. Chief Marketing Officer KOL.ID mengatakan "Teknologi KOL.ID menawarkan solusi revolusioner untuk membuat rate card bagi Key Opinion Leaders. Platform kami mengintegrasikan data real-time dari platform media sosial populer seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Hal ini menghilangkan hal bias dalam memasukkan metrik media sosial secara manual. Selain itu, para influencer dapat dengan mudah berbagi rate card terbaru mereka kepada brand dan klien yang tertarik", ujar Fivyola Hendra pada Rabu, 5 Juni 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya