Cara Startup Bertahan di Arus Perubahan

Acara Lion Parcel dan KiriminAja
Sumber :
  • KiriminAja

Yogyakarta, VIVA – Perubahan arus digital saat ini membawa dampak signifikan terhadap dunia usaha di seluruh sektor. Tren belanja daring, pembayaran digital, hingga layanan logistik berbasis teknologi kini menjadi bagian tak terpisahkan dari operasional bisnis sehari-hari.

Kapolri Kembangkan Pelayanan Basis Digital Super Apps Presisi ke Wilayah, Ini Tujuannya

Bagi banyak usaha kecil dan menengah, perubahan ini menghadirkan peluang baru sekaligus tantangan untuk beradaptasi agar tetap relevan di mata pelanggan.

Selain beragam peluang baru, pergeseran teknologi memerlukan inovasi dan pembaruan cara berbisnis. Tidak hanya soal memasarkan produk secara online, pengusaha juga harus memanfaatkan teknologi untuk mengelola distribusi, pelayanan pelanggan, hingga membangun kepercayaan di era transaksi tanpa tatap muka.

Pengurus AMKI Pusat Dikukuhkan, Perkuat Sinergi Media Lintas Platform

Sebagai upaya untuk menjembatani kebutuhan tersebut, KiriminAja dan Lion Parcel baru saja mengadakan program Meet & Share di Yogyakarta. Acara ini menjadi salah satu contoh konkret bagaimana platform teknologi dan perusahaan logistik bisa membantu UMKM menghadapi transformasi bisnis digital secara lebih percaya diri.

Salah satu pembicara, Fery Marendra, Digital Marketer dan Manager Marketing PT Mozaik, berbagi strategi pelayanan pelanggan berbasis empati untuk meningkatkan closing rate penjualan.

BNI Kasih Bukti Perkuat Struktur Pendanaan Lewat Transformasi Digital Bikin Kinerja Bisnis Kinclong

“Keberhasilan penjualan bukan hanya soal produk, tetapi soal menciptakan pengalaman komunikasi yang meyakinkan dan berkesan,” kata Fery.

Selain pembekalan edukasi, para peserta juga mendapatkan konsultasi langsung soal tantangan logistik dan pengembangan usaha dari tim KiriminAja. Chief Commercial Officer KiriminAja, Harry Syarif, menjelaskan bahwa perusahaannya berkomitmen mendukung UMKM agar lebih fokus berjualan.

“Kami hadir untuk mempermudah pengiriman sehingga para penjual bisa fokus mengembangkan bisnisnya,” ujarnya, dikutip dari keterangan resmi Selasa 24 Juni 2025.

Chief Sales Officer Lion Parcel, Arif Wibowo, menambahkan bahwa pihaknya siap menjadi mitra logistik UMKM di seluruh Indonesia.

“Dengan jaringan pengiriman ke 98% area Indonesia dan lebih dari 50 negara, Lion Parcel bisa membantu UMKM menjangkau pasar lebih luas dan lebih cepat,” kata Arif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya