Lebih Unggul Mobil Listrik Wuling EV Van atau DFSK Gelora E
- VIVA/Yunisa Herawati
VIVA – DFSK Gelora E sudah tidak sendirian lagi bermain di segmen mobil listrik komersial. Pasalnya, Wuling Motors sudah menghadirkan produk serupa melalui Wuling EV Van yang memiliki spesifikasi dan harga bersaing.
DFSK Gelora E di GIIAS 2024
- DFSK
Wuling EV Van diperkenalkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show, atau PEVS di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 29 April 2025, dan mobil pengangkut barang dalam wujud mini van itu baru akan dipasarkan kuartal ketiga tahun ini.
"Wuling mempelajari segmen baru di komersial, pasar ini punya karakter konsumen yang berbeda," ujar Marketing Operation Director Wuling Motors, Ricky Christian.
Soal dimensi, EV Van panjangnya mencapai lima meter lebih dikit atau 5.010 mili meter, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.960 mm. Artinya lebih bongsor dari DFSK Gelora E yang panjangnya hanya 4.500 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 2.000 mm, dan wheelbase 3.050 mm.
Untuk kapasitas bagasinya mobil listrik terbaru Wuling itu punya ruang kargo 6,5 meter kubik, dan agar mempermudah barang-barang masuk ke dalam kabin bukaan pintu gesernya bisa mencapai 777 mm, dan pintu belakang bukaannya 366 mm.
Sedangkan Gelora E ruang kargonya hanya 4,8 meter kubik dan panjang kabin 2,63 meter. Maka berkaca dari data tersebut barang-barang yang bisa dibawa EV Van bisa lebih banyak, begitupun jika diperuntukan buat membawa penumpang di dalamnya.
Selain lebih unggul dari segi dimensi, EV Van juga lebih unggul dari ketahanan baterai. Mobil listrik keempat Wuling itu dibekali baterai 56,2 kWh yang diklaim bisa berjalan sejauh 400 kilometer, dan tenaga maksimalnya 75 kW atau setara 100,5 dk.
Bermodal baterai dengan kapasitas tersebut maka untuk melakukan pengisiannya dari kondisi 30 persen sampai 80 persen memakan waktu 30 menit jika menggunakan arus listrik searah alias DC fast charging.
Sedangkan Gelora E dipersenjatai baterai lithium-ion berdaya 42 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak 300 km berdasarkan pengujian New European Driving Cycle atau NEDC. Artinya lebih pendek 100 km dari jelajah EV Van.
Untuk pengisian dayanya memerlukan waktu 80 menit dari kondisi 20 persen sampai 80 persen menggunakan fast charging. Lebih lama dari EV Van meskipun kapasitas baterai Gelora E lebih kecil.
Tapi sayangnya karena Wuling EV Van belum dijual secara resmi maka harga, dan spesifikasi fiturnya belum diungkapkan.
