Hyundai Siapkan Baterai Pouch Buat Mobil Listrik dan Hybrid

Hyundai Genesis Presiden Jokowi
Sumber :

Korea Selatan, VIVA– Hyundai Motor resmi memulai langkah strategis untuk memproduksi baterai kendaraan listrik secara mandiri. Produsen mobil asal Korea Selatan ini akan membangun fasilitas khusus di Anseong untuk memproduksi baterai, dimulai dari tipe pouch.

Daftar Harga Mobil Hyundai Juli 2025: Mulai Rp200 Jutaan

Seperti dilansir VIVA dari laman Thelec, Kamis 10 Juli 2025, pabrik yang dinamai Next Generation Battery Research Center ini akan menjadi pusat riset dan produksi baterai Hyundai, dengan kapasitas produksi maksimal hingga 3 GWh.

Pada tahap awal, Hyundai akan memprioritaskan pembangunan jalur produksi baterai pouch yang ditargetkan mulai beroperasi tahun ini. Jalur produksi untuk baterai prismatik dijadwalkan menyusul tahun depan.

China Kuasai Pasar Mobil Listrik di Indonesia

Baterai pouch yang akan diproduksi memiliki ukuran sekitar 450 hingga 480 milimeter. Sel ini menggunakan material katoda berbasis nikel tinggi, dengan kandungan nikel lebih dari 60 persen.

Meskipun sempat muncul dugaan bahwa Hyundai akan menggunakan teknologi lithium iron phosphate (LFP), sumber industri memastikan bahwa jenis baterai tersebut tidak termasuk dalam rencana awal produksi.

China Borong Lebih dari Separuh Mobil Listrik Dunia

Dalam mempersiapkan lini produksi ini, Hyundai telah menggandeng sejumlah perusahaan penyedia peralatan industri yang sebelumnya juga bekerja dengan nama-nama besar seperti LG Energy Solution dan SK On.

Peralatan tersebut mencakup mesin-mesin untuk proses pelapisan, pengepresan, pemotongan, pengelasan, pengemasan, hingga pembentukan sel baterai.

Seluruh produksi baterai ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik murni (EV) maupun kendaraan hybrid. Hyundai sebelumnya telah menggunakan baterai hasil pengembangan internal dari laboratorium mereka di Uiwang untuk model Santa Fe Hybrid generasi kelima.

Meskipun berasal dari lingkungan laboratorium, kapasitas produksinya dianggap cukup untuk digunakan pada kendaraan hybrid yang memerlukan jumlah sel lebih sedikit dibanding kendaraan listrik murni.

Ke depannya, Hyundai menargetkan penggunaan baterai pouch untuk kendaraan listrik penuh, sementara baterai prismatik akan digunakan pada kendaraan hybrid. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya