Ini yang Didapatkan Konsumen Jika Servis Motor di Bengkel Resmi
- Yamaha Indonesia
VIVA – Merawat sepeda motor menjadi suatu kewajiban agar kondisinya tetap prima. Biasanya pemilik akan memanfaatkan bengkel umum, atau bengkel resmi untuk servis hingga mengganti suku cadang.
Bengkel resmi biasanya memiliki biaya jasa lebih tinggi, namun menjadi hal yang wajar karena ada sejumlah keunggulan yang tidak bisa didapatkan saat servis di bengkel umum.
Bengkel motor Yamaha
- Yamaha Indonesia
Misalnya garansi setelah servis, peralatan atau teknologi yang digunakan saat membongkar motor, keaslian suku cadang, hingga keahlian teknisi yang dilatih khusus untuk menangani produk-produk dari brand tertentu.
Seperti yang ditawarkan bengkel resmi Yamaha. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan konsumen jika melakukan perawatan, atau perbaikan di bengkel resmi mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Selain berfokus pada penjualan produk, kami juga memikirkan bagaimana konsumen bisa merasakan pengalaman terbaik saat mereka melakukan perawatan sepeda motor Yamaha kesayangannya, baik sebelum, saat, maupun setelah servis melalui fasilitas premium dan digital, teknisi yang handal, serta suku cadang asli yang terjamin kualitasnya,” Assist General Manager CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Johannes B.M. Siahaan, dikutip dari keterangan resminya, Kamis 22 Mei 2025.
Langkah awal jika melakukan servis di bengkel resmi Yamaha, konsumen dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan service advisor mengenai kondisi dan kebutuhan sepeda motornya sesuai jarak tempuh atau masa penggunaannya.
Jika konsumen ingin lebih mudah melakukan servis tanpa harus mengantri, bisa memanfaatkan layanan booking service online melalui aplikasi My Yamaha Motor dan website.
Selain itu, ada 10 standar pemeriksaan yang akan dilakukan sebelum eksekusi, meliputi jarak tempuh sepeda motor, bahan bakar, kelengkapan body, kelayakan ban, fungsi rem depan & belakang, kondisi oli mesin, dan berbagai pemeriksaan lainnya.
Bagi seluruh konsumen yang ingin mendapatkan promo spesial paket hemat selama periode 1-31 Mei ini, Yamaha memberikan diskon Rp20 ribu untuk setiap pembelian oli mesin, saringan udara, dan juga busi.
Jika selama proses servis ditemukan suku cadang lainnya yang perlu diganti, service advisor akan terlebih dahulu melakukan konfirmasi kepada konsumen. Penggantian hanya akan dilakukan setelah mendapat persetujuan dari konsumen.
Kemudian pemeriksaan motor yang dilakukan oleh teknisi di bengkel resmi menggunakan Yamaha Diagnostic Tools. Alat ini bekerja dengan cara menghubungkan antara sepeda motor dengan komputer teknisi. Sehingga malfungsi pada motor dapat dideteksi secara cepat, akurat, dan efisien, sehingga mempermudah proses analisis dan perbaikan.
Setelah proses servis, atau perbaikan selesai, masuk ke tahap pengecekan akhir. Tim service advisor Yamaha akan melakukan pemeriksaan terakhir dengan menguji kelayakan motor melalui tes jalan. Bertujuan memastikan kondisi motor benar-benar sudah optimal dan siap digunakan kembali.
Terakhir yang tidak ditemui di bengkel umum adalah garansi. Konsumen akan mendapatkan garansi servis selama 14-30 hari sesuai dengan jenis pekerjaannya. Jika dirasa masih terdapat kendala setelah servis, konsumen bisa membawa kembali motornya ke bengkel yang sama untuk dilakukan pemeriksaan ulang.
